Monday, March 23, 2015

Cita-Citaku bukan Cita-Citata

Pengen cerita macem2 nih. Langsung aja yah.
Huft. Gue sakit. Sakitnya tuh di lutut. Mungkin lagi musim atau apa, yang jelasnya saat ini gue bisul tepatnya itu di lutut. Sifat alamiah manusia sadar kalo ternyata koreksi diri dengan menjaga makanan yang sehat lebih baik daripada mengobati.

Bisul, iya awalnya Adi abis itu gue di awal minggu baru2 ini dan kemarin si Asma. Anehnya semuanya kompakan di lutut. Kok bisa ya? ya miris aja, sekarang gue gak bisa shalat berdiri yang menyebabkan gerakan sujud gue gak begitu sempurna dan kadang2 harus duduk pula. Semalam diprotes sama si Isna karena sujudnya gak nyentuh lantai. Apa boleh buat. Tar deh gue pake bantal kenapa? karena orang2 yang ngeliat gue shalat bakal bertanya KOK RUKU'NYA TIGA KALI. Huhuhu.

Kabar nyokap, baik alhamdilillah. Nyokap cuma butuh terapi rutin tiap saat biar bintitannya yang sejak November itu bisa benar2 sembuh. What about bokap? sinusnya bokap kambuh lagi. Jadi hal paling utama untuk saat ini adalah kasih perhatian yang lebih ke mereka berdua. Ya walopun gue juga lagi sibuk2nya nyelesaiin ketikan penyelesaian matematika dan format2 arsip untuk sekolah.

***
Eniwei, ngomongin tentang cita-cita. Waktu kecil dulu gue mo jadi polisi. Pas masuk SMP cita-cita itu ilang gue malah mo jadi pesepakbola gara-gara demam piala dunia. Trus masuk SMA cita-cita gue berubah pengen jadi dokter. Pas masuk universitas cita-cita waktu SMA pun ilang eh malah pengen jadi arsitektur di taun2 berikutnya. Abis itu pas selesai kuliah keinginan untuk jadi psikolog ada juga sih padahal gue anak gizi gitu dan disitulah gue baru sadar kalo ternyata cita-cita itu bisa berubah seiring berjalannya waktu. Semenjak master chef suka ditayangin di tivi, gue malah bertekad jiwa dan raga untuk menjadi seorang chef. Gue bermimpi suatu hari nanti gue bisa pake apron chef kek chef2 yang lain. Mencicipi banyak makanan lalu mengoreksinya, selayaknya chef.

Sebenarnya simple aja sih untuk jadi chef, cukup mengexplore seluruh bahan lalu olah menjadi sebuah makanan yang punya nilai artistik tinggi baik dari segi rasa ataupun dari segi tampilan. Udah. Gitu aja. Hanya saja gue kadang belum terlalu ahli dalam hal masak memasak. Yah, kalo masakannya gak gosong paling hampir mencelakai diri sendiri di dapur. Huhuhu.

Ambil contoh beberapa hari yang lalu waktu Asma nyuruh gue goreng tempe. Gue kan orangnya suka ngerjain banyak hal dalam waktu yang sama. Contoh, kalo lagi ngetik depan laptop sebisa mungkin gue nyalain radio atau mp3. Jadi aktivitas dengar radio gue bermanfaat karena dengan ngetik tangan gue juga ikut kerja. Contoh lagi, sambil gendong Fathan, gue juga nyayi2 atau makan sambil liat makanan yang ada di piring. Nah, berhubung gue orangnya rada-rada doyan ngerjain 2 kerjaan sekali waktu akhirnya gue menggoreng tempe sambil nonton tipi. 

Seperti yang dibilang ama dosen gue si ibu Dyah, sekali merengkuh dayung, tiga pulau terlampaui. Gue akhirnya menempuh jalan itu. Tapi kali ini bukan tiga pulo terlampaui, tapi banyak pulo. Menggoreng, nonton, duduk, napas, liat2 sekitar. Gue menggoreng pake sude yang di pegangannya itu gak pake pengalas. Jadi kalo tuh sude kelamaan disimpen di atas wajan kemungkinan besar panasnya bisa meresap ke dalam pegangannya. Setelah masakan nunjukin bau2 kek udah matang menghampiri mau gosong, dengan sigap gue pun langsung megang tuh sude dan...

ARGHHHHHHH

Gue cuma bisa geleng2 sambil ngibas2in tangan ke udara. Panasnya tuh disini *nunjuk telapak tangan*. 

***
Dan terkadang cita-cita yang tidak pernah terfikirkan malah itu yang kita jalani sekarang. Jadi dosen di universitas, ah gak pernah terlintas di benak gue. Waktu kerja di kampus pun cita-cita untuk jadi dosen PNS semakin menggebu-gebu. Segala cara gue lakuin mule dari ngurus STR di dinas, kartu kuning dan SKCK di kepolisian. Akhir taon 2014 kemarin sempet sih daftar tapi belum sempat bertarung gue udah kalah duluan. Yayaya, sistem online kadang membuat gue terbelenggu oleh kedodolan gue sendiri. Gue salah isi biodata yang menyebabkan gue gak bisa lanjut ke tahap selanjutnya.

Awal taun 2015, gue memilih kembali di jalur pendidikan untuk memajukan sekolah. Sekarang masih dalam rekonstruksi ke arah yang lebih baik. Minta do'anya semua semoga kita sebagai bagian dari orang2 yang peduli pendidikan bangsa benar2 bisa memajukan dunia pendidikan lewat aksi2 nyata, karena karya dibuat dengan aksi bukan hanya sekedar kata-kata.

No comments:

Post a Comment