Saturday, July 11, 2015

Cerita Ramadhan

Pertama kali gue mulai puasa itu waktu masih duduk di bangku SD. Tiap kali puasa bawaannya males mulu ya namanya juga masih kecil. Kalau bulan puasa udah datang, pengennya tidur aja terus sampe bedug mahrib biar gak berasa gitu kan, tapi gak enaknya tuh pas bangun boro-boro segar malah tambah loyo. Gue pertama kali puasa suka dehidrasi gitu, kurang cairan dan konsentrasi. Jadi kalau gue udah mulai gak tahan sama jarum jam yang entah kenapa satu menit serasa sejam itu pasti ujung-ujungnya nyamperin yang dingin-dingin. Pelampiasannya ke kulkas. Buka pintu kulkas trus masukin deh kepala ke dalam freezer dijamin adem. Apalagi kalau pas puasa dapet musim kemarau kalau siang kan suka panas, ya udah kadang gue berhasrat untuk tidur di depan kulkas yang pintunya gue buka. Maklum waktu itu belum ada air conditioner kek sekarang. Kalau sudah kek begitu biasanya puasa udah bisa full sampe bedug maghrib. 

Selain kebiasaan yang aneh tapi entah kenapa banyak yang ngalamin kek begitu, gue juga punya kebiasaan dikasih hadiah dari bokap kalau puasa gue genap 29/30 hari. Reward gue bareng sodara-sodara adalah dikasih duit 100rb. Waktu masih kecil dulu uang segitu tuh udah bisa dipakai belanja apa aja di supermarket. Kalau diitung-itung dengan 100rb dulu itu gue udah bisa dapet indomi 100 bungkus. Kalo indomie yang gue kumpulin segitu kan bisa bertahan makan pagi-siang-malam selama 13 hari. Buset dah, 2 hari makan indomie berturut aja kepala bisa mumet gimana 13 hari yak. Gue mungkin udah keracunan MSG. Pokoknya gak sehat deh. Ditambah lagi gue kalau abis sahur suka modar aja sampai puas. Jarang olahraga. Pernah sih olahraga pagi bareng sepupu gue, waktu itu main sepakbola pas gue jaga gawang karena adu penalti muka gue langsung disambar bola, akhirnya berantem. Kacau deh pokokya idup gue waktu kecil, banyak gak beresnya.

Kejadian paling sering sih yang masih suka gue lakuin sampai sekarang adalah ngitungin makanan apa saja yang bakal gue makan pas buka puasa nanti. Tapi jangan salah kalau udah buka puasa kadang gue suka lupa diri, makanan semua dihantam sampe gak bisa gerak abis itu nunda shalat deh. Syukur kalau semua makanan yang gue pengen sebelum buka gue abisin, lha kadang gue malah nyisain, bukannya abis malah mubazzir. Hadeuh parah pokoknya.

Nah, karena kebiasaan gak sehat itulah gue mau berbagi tips berpuasa yang sehat nih :
1. Perbanyak minum air putih sebagai pembersih organ dalam tubuh. Minumlah 2 gelas air putih saat berbuka, 4 gelas sebelum dan sesudah makan malam dan 2 gelas saat sahur.
2. Gunakan pola makan dan hidup sehat dengan mengonsumsi buah dan sayur, sebisa mungkin menghindari makanan berminyak
3. Biasakan dan paksa diri untuk berolahraga pagi minimal 30 menit setiap harinya
4. Istirahat yang cukup, selain tubuh butuh diistirahatkan hati pun butuh penyegaran dengan memperbanyak amalan-amalan. Dahulukan yang wajib dan perbanyak yang sunnah.

Nah itulah tips puasa sehat dari gue yang sampai sekarang pun jarang bisa gue laksanain, moga2 manfaat yak.

***
Kabar dari rumah, kacau. Kakak sendiri lebih memilih untuk tetap jadi PNS daripada membela haknya dan harga diri orang tuanya utamanya ibunya. Gue marah. Gue kesal. gue pengen ngamuk. Kenapa kakak gue itu kek dihipnotis sama pimpinannya di gowa. Pimpinan di gowa itu gak ada bedanya dengan raja Namruz, raja Fir'aun dan tentunya kim Jong Un di Korut. Mereka selalu berprinsip bahwa pimpinan tidak pernah salah. Mereka pengen nyaingin Tuhan. Na'udzubillah min zalik.

Semoga di bulan suci ini Allah swt, memberi balasan setimpal atas kesewenang-wenangan yang diberikan pada kakak gue dan keluarga kami serta melapangkan dada kami atas kedodolan kakak gue menandatangani perjanjian setan penindasan haknya kemarin. Semoga Allah swt menunjukinya jalan yang benar dan lurus. Aamiin.

No comments:

Post a Comment