Sunday, September 21, 2014

Ambil Semaumu, Bayar Seikhlasmu

Dua minggu gak nulis postingan rasanya kek sebulan gak ngetwit. Kek ada aja yang kurang. Well, pengen nih cerita macem2. 

Jadi tadi pagi gue sama nyokap ke pasar beli bahan makanan untuk bikin perkedel kentang daging. Hasilnya mah udah bisa dirasakan malam ini. Enak. Semingguan ini nyokap emang jadi suka langganan beli perkedel di tokonya Leni di pasar kalo pagi2. Dan baru malam ini gue tau harganya sebiji itu 2rb. Huwa. Sempet kaget2 juga padahal tuh perkedel bisa loh masup mulut sekali nganga. Mungkin nyokap penasaran mo bikin, akhirnya hari ini kesampaian. Daging di pasar aja tadi sekilonya dapet 25rb. Kalo beli perkedelnya Leni palingan cuma bisa dapet 10-12 biji doang. Nah tadi sih jadinya bisa sampe 51 biji. Can u imagine that?

Kata nyokap "iyalah, lebih banyak dan lebih hiegienis", nyokap emang pembersih abis. Pasir sebiji aja masuk rumah bisa diliat sama dia. Satu hal yang gue pelajari lagi hari ini dari nyokap pas menggoreng perkedel adalah kalo goreng itu gak boleh semuanya dimasukin ke dalam kuali katanya biar perkedelnya gak tertutup sama telur yg dicelupin tadi. Gituh. Perkedel yang harusnya sekali menggoreng cuma 4 bijian gue malah langsung masupin 15 biji, ya jelas perkedelnya kaga keliatan. Gagal sudah usaha untuk meyakinkan nyokap kalo gue bisa jadi chef handal.

Nomong2 soal makanan, kamis kemarin gue disuruh beli siomay ama bos gue di kantor. Awalnya tuh gara2 Pitek dibeliin siomay sama temennya. Icip2 eh ketagihan. Gue dikasih uang 50rb sama bos gue, dengan tingkat lapar yang menggebu2 gue akhirnya sampe di depan fotokopi samping kampus 1 deket parkiran. Karena seporsinya cuma 6rb gue pun mutusin untuk beli 8 porsi. Menurut kenyataan yang ada matematika gue selalu terkesan payah, jadi kalo gak salah mengalikan gue cuma butuh 48rb untuk membayar 8 porsi.

Dengan uang 50rb gue udah bisa dapet 4 siomay + 3 batagor + 1 campur dengan kembalian 2rb. Namun kenyataan tidak sesuai harapan pemirsah. Manusia berkehendak Tuhan jualah yang menentukan. Tebak berapa kembalian yang dikembalikan oleh mas2nya? Dia ngasih gue 10rb !

MHUAHAHAHAHA

Gue yang goblok ato dia yang terlalu baik dalam menjual?

Sebelum pulang, gue nambah seporsi lagi. Gue kasih uang 10rb yang tadi dia kembalikan untuk membayar porsi yang ke-9. Setelah selesai gue bayar, kali ini kembaliannya benar 4rb. Abis itu pas mo ambil tuh porsi siomay campur yang baru aja dia masukin dalam kantong dia ambil lagi uang 4rb dari tangan gue terus ngembaliin 5 RIBU ke gue.

Gue ulang sekali lagi LIMA RIBU

Huahahahaha

Mungkin gue dapet diskon karena beli banyak kali yak? Ini sih mirip sama salah satu restoran Pakistan yang ada di Vienna yang motto restorannya terkesan terlalu baik "All you can eat, pay as you wish".

Dalam situasi seperti ini biasanya disaat itulah seseorang akan berkata "SAATNYA PERGI DARI TEMPAT INI !!!" (langsung inget kata2 film The Faculty).

Andekan sebelum pergi dari tempat itu gue bilang ke masnya "mas kurang uang ku 10rb lagi" mungkin besoknya gue gak masuk kantor lagi gara2 diaduin ke polisi terhadap kasus pengalihan perhatian untuk mendapat keuntungan sebesar2nya. Huehe.

Bout kerjaan, gue sekarang jadi suka keluyuran. Tiap kali sampe di kantor kalo kerjaan udah abis palingan nyuri2 waktu untuk tidur di meja. Kalo udah waktu istirahat sekitar jam 12.00 gue udah mule beraksi lagi melanjutkan bisnis. Kadang masjid belakang kantor jadi basecam untuk berteduh menjalankan misi penting pulangnya setelah ba'da Ashar. Pernah malah gue pulang ketika kantor udah tutup. Itu udah 2 kali loh. Makasi Biah, tasnya udah dijagain.

Kerjaan, yah gue masih nyari tempat yang tepat setelah memutuskan untuk gak ambil jadwal ngajar lagi di fkm. Capek jiwa dan raga urus paketnya sampe benar2 cair. Jum'at kemarin gue dapet SK lagi untuk ngajar ilmu gizi dasar cuma mengingat2 semuanya ke belakang gue mutusin untuk gak ambil. Gue lebih memilih bermain aman kek maen moodo marble (apa coba?)

Saking pengennya nyari kerjaan lain 2 minggu lalu gue disuruh nyokap daftar di Health Care. Menggugah iman ketika pas baca lokernya di koran gaji 3-15 juta. Pas abis interview massa, langsung masuk training hari pertama. Disaat itulah, gue ketemu sama mahasiswa yang dulu gue ajar. Mereka dengan shock menghampiri gue dan bilang "IH IBU... APA KITA BIKIN DISINI?".

Gubrak

Pesan yang gue ingat dari mereka adalah "IBU KALO NDAK SANGGUPKI KE LAPANGAN, DI TENGAH JALAN KABUR MAKI SAJA NAH"

Pesanmu akan kuingat nak...

Singkatnya, gue pulang dengan honor awal 80ribu setelah makan kue panada di warung kopi veteran bareng anak2 yang lain yang satu tim sama gue hari itu.

Gak sanggup untuk lanjut ke misi berikutnya.

Kabar dari rumah, bokap sakit kerongkongan dan nyokap kadang suka cepat lelah tiap kali abis bersih2 di rumah. Semoga mereka cepat sembuh. Aamiin. Om Ridu masih suka kerja seenak jidat walo udah dikasi kursus membersihkan rumah 1.000 kali.

Kabar kakak gue baik, dia udah masuk bulan ke-6 sekarang. Adek2 gue juga baik. Adi udah bisa diajak kompromi lagi dan beberapa hari ini dia udah mule ngajar matematika SD. Fitrah udah nyelesaiin cita2nya kuliah di UIN Alauddin setelah bertapa 7 taun lamanya, Jum'at kemarin dia udah yudisium. Rabu besok dia bakal wisuda. Isna sekarang udah jadi asisten kakak gue di rumah. Jadi tiap kali ada yg pasang behel dia bakal dapet 10% dari pembayaran pasien. Gue masih belon daftar PNS taun ini dan udah 2 minggu ini gue mule belajar sedikit2 bahasa korea. Bukan untuk persiapan jadi TKI yah, tapi seru aja kalo udah bisa ngomong korea. Jadi nonton running mannya juga pasti lebih berkesan. Sekarang udah mule bisa baca walo masih tergagap2. Lumayan bangetlah. Kek gigi gue yang lumayan banget ngilunya setelah ditarik kemarin malam. *Sigh*.

Semoga semua misi idup ini, bisa gue taklukkan. 

Hwaiting !!!

No comments:

Post a Comment