Monday, October 13, 2014

Hewan Kurbanku...

Buat gue makanan itu segalanya aja buat gue. Tanpa itu gue mungkin bakal kekurangan gizi, gak bisa tumbuh dan berkembang kek gini sekarang. Banyak hal yang bisa bikin gue sama makanan jadi dekat. Ambil contoh di hari Senin minggu lalu, gue untuk kali pertamanya jadi panitia kurban (kerbau) bareng bokap dan nyokap di gotong royong. Pembagiannya lebih profesional ketimbang dulu waktu kurban di rumah sendiri. Jadi langsung ingat, waktu awal2 gue baru pindah rumah dari Catalya ke Pandang.

Kangen juga gue sama suasana rumah disana, kangen sama tetangga2nya plus kangen sama barteran2 kue sama mamanya si Alif dan Nanda. Masa2 itu akan sangat sulit aja terulang saat ini. Udah berapa taun ya kita? 2008 ke 2014 uda 6 taunan. Sama kek kejadian sore ini. Susah aja mengulang sesuatu untuk dirubah menjadi lebih baik.

Here the story goes...

Pagi ini niatnya sih ke kantor cuman tiba2 aja harus nemenin nyokap untuk roadshow ke tiga bank berbeda sekaligus. Sudah 2 hari ini gue diusulkan buat jadi manager nya bokap sama nyokap. Jadi gue akan punya andil besar dalam ngatur jadwal2nya mereka. Perlu dicatet juga kalo kita berdua naek bentor tadi dan itu menyenangkan sekali. Setelah mengitari kota ini akhirnya kita balik ke rumah dan capeknya itu kaga kira2. Saking capeknya gue ketiduran aja di kamar mule pukul 09.30 sampe 14.00, weuw can you imagine that? Mungkin pengaruh puasa nazar kali yak? Subuhnya gue gak makan sahur, berbekal niat hasilnya tepar deh ampe beberapa jam. 

Begitu gue bangun eh orang2 rumah uda pada rame semua. Usut punya usut ternyata mertua dari kakak gue dateng ke rumah. Dia ahli dalam hal urut-mengurut. Beberapa hari belakangan ini bokap dan nyokap emang suka encok bagian pinggang ke betis akhirnya diurutlah mereka dan katanya sih itu efek dari beberapa waktu yang lalu, waktu mereka pernah jatoh. Warning, gue harus jagain mereka.

Sorenya sebelum nyokap anterin besannya pulang ke Syekh Yusuf, nyokap manggil gue yang sedang onlen. 

Nyokap : Acik sini saiko dulu nak !
Gue : *lari terbirit2*
Nyokap : Liat saiko nak, INI DAGING RUSAK SEMUAMI

Gue lemes tak berdaya, gue menatap tuh daging agak lama. Mencoba menciumnya tapi idung tak sanggup. Mencoba merabanya tapi hati seolah menolak. Kenapa ini terjadi? Otak pintar ini mikir, seandainya ini bukan daging kurban mungkin sakitnya gak terlalu sakit seperti ini. Mungkin sakitnya cuma sebentar. Mungkin sakitnya gak bakalan bikin kita duduk diam trus saling menyalahkan satu sama lain. Sebelum nyokap ke syekh yusuf pesannya cuman satu "BUANGMI NAK ITU DAGING, KARENA KALO NATAU BAPAKMU PASTI MARAI".

Semua angan2 untuk mengolah daging itu muncul lagi di kepala. Awalnya gue pengen bikin bistek. Bikin coto. Bikin saus spageti dan sekarang daging2 itu cuman bisa dimasukkan dalam kantong plastik. Hancur sudah cita2 untuk gue berkreasi di dapur. Luluh lantak sudah perasaan ini gak bisa lagi gue ngapa2in.

Koreksi. Apa yang salah selama ini? Bisakah daging kurban ngasih kutukan? Koreksi lagi. Gue gak pernah korupsi di kantor. Gue cuman bisa mungut uang koin yang jatuh di jalan. Sampe akhirnya gue berdikusi 6 mata bareng si Isna dan Fitrah. Intinya daging itu tetap dibuang. Jalannya sudah ditakdirkan seperti itu. Semua memang punya korelasi. Gue terlalu sibuk sama creative project yang sekarang lagi gue rintis. Terkadang jadwal masuk kantor gue pun berfluktuasi kadang masuk kadang juga nggak. Gue bingung. Isna dan kakak gue sibuk ikut event2nya HTI. Adek gue si Adi dan Fitrah sibuk dengan dunianya masing2. Bokap sama nyokap akhir2 ini kesehatannya menurun. Om Ridu pun kelebihan job di rumah.

Beberapa hari makan daging setelah kurban membuat seisi rumah minta menu ikan. Akhirnya pas acara 7 bulanan kakak gue hari Jum'at lalu di rumah, sate daging banyak yang dikesampingkan semua orang berburu ikan. Apakah saat itu si daging mule bilang "kalian sudah tidak membutuhkanku lagi, biarlah aku membusuk". Mungkin seperti itulah keluh kesahnya. Begitulah gumamnya. Kita kadang terlalu sibuk mencari yang gak ada dan lupa bersyukur pada apa yang ada.

Koreksi. Bisakah semua menjadi lebih baik?

Pesan idup : Makanan itu diolah lalu dinikmati bersama2, bukan malah mendiamkannya dalam kulkas lalu setelahnya berakhir di tempat sampah.

No comments:

Post a Comment