Thursday, April 30, 2015

Negeri Ini (Indonesia) Bukan Finlandia

Baru aja gue nonton berita di tv one bareng bokap, nyokap dan Fitrah. Ada kata2 antara si tamu dan si hostnya yang bikin gue teringat sama mahasiswa gue dulu di kampus. Sambil makan malam, gue merhatiin cara ngomongnya. Temanya sih tentang hari buruh besok.

Host Cewek : Gimana nih mas, tanggapannya?
Mas2nya : Iya, jadi sebagian besar dari rakyat Indonesia itu kan makannya nasi. Nah seperti kita ketahui, nasi itu dibutuhkan karena kaya akan protein.
Host Cewek : *nyimak*

Gue sama Fitrah ngakak. Andekan si host ceweknya nanggepin itu kek cara nanggepin gue sama si Fitrah yang bilang "nasi itu kaya vitamin atau mineral" mungkin si host ceweknya gak bakal nyiar lagi besok. 

Mirip2 sih kejadiannya sama si Risna, mahasiswa kebidanan taon lalu.

Gue : Mungkin itu karena pengaruh makanan kali
Risna : Iyek bu, harusnya itu makanki ikan. IKAN ITU KAN KAYA AKAN VITAMIN.
Gue : *gubrakkkk*

Manusia memang gak luput dari salah, kek kejadian gue baru2 ini di sekolah kemarin lusa.

Amalia : Bu, jadi hari Sabtu itu bawa semuaki alat bersih2?
Gue : Iya dong, harus meko bawa sapu ijuk, lap kaca sama apa itu namanya hmmm kecebong
Amalia : HUAHAHAHAH APA ITU BU KECEBONG? KEMOCENG BU
Gue : ...

Disaat itulah gue hanya bisa mendengar suara jangkrik di siang hari

krik krik... krik krik... krik krik... lalu hening

Gue cari di KBBI, arti kecebong gak ada. Gue browsing di internet akhirnya tahu kalo kecebong itu larva binatang amfibi. Kedodolan emang bisa datang kapan saja tanpa si pemilik menyapa.

***
Well, sejak postingan terakhir gue publish 10 hari yang lalu sampe hari ini, gue banyak melewati kejadian2 seru. Ada senengnya, ada yang ngeselin, mengecewakan sampe kejadian langka yang terjadi di depan rumah.

Senengnya setelah susulan UN 2 minggu lalu kelar, sekarang nyokap udah punya sepatu baru untuk dipake ke sekolah. Soalnya sandal merah paporit nyokap ilang, gak tahu deh yang pake sapa. Trus Fathan udah mule suka tertarik sama yang namanya air minum, jadilah dia yg baru2 ulang bulan dikasih air zam2 terus kalo mo minum. Lucu deh, mulutnya kedap kedip. 

Nah, kesalnya karena si printer canon 5570 kita di rumah itu belon kelar2 sama sekali. Hadeuh mungkin karena barangnya bergaransi jadi pelayanannya pun kek bpjs. Gak banget deh pokoknya. Jeleknya, si tekhnisi cuma bilang "ndak taumi juga kenapa tiap kali mo diambil sama yang punya bermasalahki lagi mesinnya". Parah. Kekecewaan gue berlanjut ke kinerja osis, kepsek dan guru2 di sekolah. Mereka belum bisa jalan sebagaimana mestinya. PR gue itu mah. Kek ngangkat dandang nasi 1 ton. Berat. 

Terakhir, kejadian baru2 ini. TKP depan pagar rumah. Waktu kejadian sekitar pukul 16.30 waktu setempat. Bokap dan nyokap kedatangan tamu namanya si Biba. Nah, sebelum kejadian itu terjadi, si Iqbal tetangga gue sempat manggil2 sih dengan muka gak yakin...

Si Iqbal : Aji... aji... 
Gue : Kenapako Iqbal?
Si Iqbal : Rambutannya itu aji di luar?

Gue mikir. Setahu gue, rambutan nyokap itu di depan rumah bukan di samping rumah apalagi depan pagar. Lagian tuh rambutan uda dipangkas jauh2 hari pas si garasi mobil mo dibuat 2-3 bulan yang lalu kalo gak salah.

Gue : Rambutan? rambutan apa? ndak adami rambutannya aji
Temannya si Iqbal : Ih Iqbal jammoko tanya orang, bikin malu2na ineh
Iqbal : *ilang*
Gue : *lanjut ngetik*

Sekitar 10-15 menit kemudian tamu bokap sama nyokap pulang. Gue masih anteng. Henpon nyokap bunyi. Nyokap pun bilang "ada bede yang ambilki rambutannya Biba".

Jadi sodara2 sekalian rambutan yang tadi sibuk ditanyain si Iqbal, ternyata punya orang. Gyahahaha dan itu tamu bokap sama nyokap. Intinya barang yang hilang di luar pagar rumah tidak menjadi tanggungjawab si pemilik rumah. Hehhe. Justru itu di rumah, bokap sama nyokap nyediain garasi besar bukan hanya buat silverqueen tapi juga motor2 yang butuh perlindungan. Kalo gue jurnalistik, judul surat kabar besok mungkin "RAMBUTAN SATU KANTONG RAIB DIHAKIMI MASSA".

Yap, semoga ini bisa menjadikan kita menjadi orang2 yang bisa lebih waspada terhadap apapun itu. Ambil hikmahnya. Ingat negeri ini bernama INDONESIA bung dan kita tinggal didalamnya. Negeri ini bukan FINLANDIA yang selalu menekankan standar kelulusan bersekolah berdasarkan etika dan moral.

No comments:

Post a Comment