Sunday, February 9, 2014

Serunya Berkuliner Membuatmu Jadi Budek

Baru saja temen lama mo dateng main ke rumah langsung deh tiba2 sifat rajin gue kumat dan membersihkan palpon di ruang tamu.beberapa menit menunggu, telpon uda masuk ke hape gue dan bilang "KAUMO DEH ACIK KELUAR KA KULUPAIMI DI LORONG MANA RUMAHMU"

*gubrak*


Padahal teh dan kuenya udah gue siapin. Akhirnya keluar di lorong dan ketemulah sama Abiyan dan Wawan Afif anaknya. Lucunya selucu usianya 3-5 tahunan. Lumayanlah bisa kenalan sama mereka dan tentunya dapet pembeli bakso heheh. Terimakasih bu ningsih.


Well, sekitar dua hari yang lalu sodara2 gue bilang kalo gue agak putihan selama ditraining di bank. Makasih. Makasih.


Back to our main topic, semenjak acara2 chef rame diputer di tipi2 gue malah tambah kepincut pengen jadi chef. Karena gue pikir jadi chef selain membanggakan juga bisa memanjakan beberapa alat indra seperti mata, hidung, lidah dan jiwa (ehh).


Tapi post kali ini bukan buat ngebahas gimana cara jadi chef yang selalu terlihat keren tapi dengan kuliner terkadang orang bisa jadi lupa sama bahasa negeri sendiri dan tentunya bikin orang budek. Seperti waktu hari jum'at kemarin pas beli bakso langganan depan kantor.


Tukang bakso : Pake petsin ko?

Gue : Ndak
Tukang bakso : *nuang sesuatu kek bubuk putih gituh*
Gue : JANGAN... JANGAN PAKE PETSIN 
Tukang bakso : NA GARAM INI BUKAN PETSIN
Gue : ...

Tukang baksonya pun melirik ke arah gue sedikit tersenyum lalu meggeleng2 seolah berkata "BEGO LUH".


Sampe di bank langsung kesetanan, makan baksonya gile pedis amat bikin lupa menghitung 1 sampe 10. Paling parah waktu beli bakso sama Pitek yang tiap kali suapan kita berdua malah kek ibu2 mo ngelahirin. HA HU HA HU HA gituh. Sampe2 direktris di kantor bilang "WOI ANAK2 MAUKO BUNUH DIRI???". Huehehe.


Semingguan ini emang gue keseringan jajan makanan di luar saking doyannya pas masuk kantor paginya langsung disapa sama roti oleh kak Lis.


Kak Lis : Acik siniko makan roti dek

Gue : Oh iyek kak
Kak Lis : PERGIKO ITU HARI BELI NASI GORENG TOH?... kuliatko waktu itu... waktu lewatka sama anti...
Gue : Waktu kapan itu kak?
Kak Anti : Waktumu pulang sama Mega dek

Waktu gue pulang sama kak Mega? yang waktu bawa2 kantong gede warna ijo berisi pisang dari Pitek? waktu masuk mal itu? trus singgah depan kompleks crysant di langganan baru gue mesan nasi goreng komplit?


Huahahahaha berarti muka gue udah kental sama yang namanya belanja makanan. Dimana ada makanan enak disitu ada Acik.


Semalam abis kontrol gigi lagi dan dari pemeriksaan itu gue tau kalo ternyata gusi gue akhir2 ini suka tiba2 berdarah gara2 kebanyakan dicongkel pake tusuk gigi lalu luka deh dan kadang kalo gak dapet tusuk gigi dengan nekat gue pake sapu ijuk ya enggaklah biasanya pake peniti ato pentul sih. Hiii (adegan ini jangan ditiru karena ini hanya bisa dilakukan oleh profesional).


Lain induk lain anaknya. Lain teman di kantor lain sodara di rumah. Kemarin malam sempat iseng2 mencoba "indomie kreasi daeng" di dekatnya Trilana farma bareng kakak gue si A'ma.


Semuanya berawal dari pagi yang cukup cerah. Sampe di bank cuma ada Pitek dan kak Mega di teller. Sempat hujan juga sekelebat, cepat banget tapi derasnya mampu membuat Ira basah kuyup masuk kantor.


Percaya gak sih kalo tiap kali sudah tolongin orang gue dikasih award?


Yup, kemarin kak Mega minta tolong temennya dintarin ujian susulan di Fakultas Hukum. Pas gue balik ke kantor eh dapet kue yang bentuknya kek dorayaki warnanya kuning trus tengahnya ada kismisnya dari kak Mega. Ini kali kedua gue dapet award setelah yang pertama awardnya pake kue j.co. Hehe.


Siangnya setelah makan bakso dan makan ayam sekalian mendengar ceritanya si Pitek, gue pun akhirnya ngantuk tapi berhubung siang ini gue udah janji bakal ke Sultan Hasanuddin bareng Syifa akhirnya gue urungkan waktu itu untuk tidur. Sempat juga berlarian ke pasca ambil formulir lalu ambil angkot di pertamina menuju flyover.


Sesampenya di flyover sekitar pukul 14.25 wita tanda2 Syifa bakal singgah jemput gue gak tercium


3 menit kemudian...


Gue memilih jalan kaki sampe depan toyota kalla ditemani cuaca yang mendung tapi suhunya panas ibarat lagi minum es teh jahe.


10 menit kemudian...


Perasaan mule gak enak jangan2 Syifa tiba2 amnesia trus lupa sama muka gue


10 menit kemudian...


Gue udah mule celingukan gak jelas, setiap angkot yang lewat berhenti dan gue cuma liatin penumpangnya berharap Syifa ada disana ngemut lolipop.


Beberapa menit kemudian, si satpam di Toyota Kalla mule liat2in gue dengan tampang aneh, akhirnya setelah ngirim sms seperti :


"Syifa adama di depannya toyota kalla"


"Syifa naek pete2 apako?masih berdirika depannya toyota kalla"


mule putus asa...


"Syifa sms mka saja alamat lengkapnya itu tempat nanti sa pi bawa sendiri kesana"


Karena gak ada balasan akhirnya gue berasumsi kalo Syifa diculik orang akhirnya gue memilih opsi terakhir pulang dengan kepala mumet antara pengen tidur siang dan makan. (lho? makan lagi?)


Dapet angkot yang supirnya anak2 remaja gituh, baru juga tuh agkot jalan eh malah mereka tukaran nyetir. Mimpi apa gua semalam dipertemukan orang2 aneh hari ini.

Sebelum naek angkot gue dapat telpon dari nomornya Syifa tapi saking ngantuknya gue salah pencet. Mhuahaha.

Akhirnya setelah mutar2 di daerah perumnas gue pun nyampe selamat dirumah. Langsung shalat ashar, cuci muka dan minum segelas teh susu buatan nyokap saking lemesnya. Baru juga mau istirahat kakak gue dateng dan bilang


PAKEAN MEKO BARU PI KI PERIKSA GIGI


Huwaaaaa kembalikan tidur siangkuuuuuuuuuuuuu huhuhuhu


Akhirnya gak jadi lagi istirahat. Perjalanan pun dimule dengan BERJALAN KAKI. Iyah BERJALAN KAKI dari RUMAH SAMPE TRILANA FARMA di daerah Pengayoman.


Seperti biasa kalo jalan kaki lewat Pengayoman maka sudah menjadi hal yang lumrah kalo harus melewati beberapa toko. Mule dari rumah makan sampe adidas. Dari Candy Bakery sampe Eiger. Kita pun singgah liat tas ransel di Eiger.


Lagi asik2nya nyari tas ransel imut2 tiba2 ada bapak2 pake jas hujan biru bawa ember trus bilang "MINTA UANGNYAAA...". Hu uh. Dia ternyata gak ngerti bahasa indonesia. Gak dikasih duit malah natap kita dengan tatapan memaksa gituh. Hiii


Akhirnya untuk mengalihkan perhatian gue manggil salah satu orang di toko itu 


Gue : MAS MAS TOLONG TAS YANG INI DULEH


A'ma : WEH PENGUNJUNG JUGA ITU BUKAN PETUGASNYA


Mhuahahahaaa kirain. Cik cik dongo' banget sih.


Gara2 ketakutan akhirnya kita berdua kabur dari toko itu. Si A'ma pun berjalan lebih cepat dari gue. Tungguin gue napah.


Sampe Trilana, gigi gue langsung dikerja. Beberapa menit kemudian si Atik asistennya dateng. Nah atik itu orangnya gak banyak bacot jadi kalo gak mau kena gampar jangan maksa dia untuk ngomong duluan.


Jam 21.00 pun kita pulang. A'ma singgah beli obat di apoteknya. Gue sama Atik keluar duluan. Pas Atik mo pulang gue nanya


Gue : Tinggal dimanako atik?

Atik : APA? 
Gue : ...

Gue yang suaranya kekecilan ato atik yang emang bolot. Mukanya itu loh pas bilang "APA?" asli muka2 kek pengen ditimpuk pake sandal jepit.


Setelah si A'ma beli legiron buat nyokap bokap di rumah. Insting kuliner pun muncul di kepalanya "AYOK BODO, PI COBA INDOMIE KREASI DAENG". Sebagai adek yang baik gue pun manggut2 aje. Ternyata sodara2 mie nya gak bisa dibungkus. Hwehehe


Mesan seporsi nasi goreng iga penyet corned trus sok2an pake level pedas level 2 pas nyobain beuh telinga langsung budek. Pedis gila gimana kaga semua cabe rawit masup mulut. Bagi yang mau nyari penyakit silahkan nyobain level pedas level 3.


Pas mo bayar


Gue : Berapa bu?


Bu aji nya liatin gue agak lama sambil aduk2 mie yang dia masak di atas kompor gas dibantuin anaknya. Lalu sedikit terdiam. Sebelumnya mungkin dia gak abis pikir kok ada peminta sumbangan malam2 mampir di kedainya.


Setelah dia liatin gue sepuas jidat ibu2 aji yang jual disana pun baru sadar kalo gue orang yang baru saja makan di kedainya dan bilang dengan ramah.


"Tunggu dulu nak" 


Gue terharu...


Anaknya ibu aji : iyah?

Gue : berapa? 2 air gelas satu porsi mie goreng iga penyet corned
Anaknya ibu aji : owh,10
Gue : *masih dengar headset*
Si A'ma sambil lap mulut pake tisu bilang "WEH BAYARKI SEPULUH"

Jiahahaha ternyata ngomongnya sama gue. Kalo orang ngomong sekali2 headsetnya dilepas dulu kali yak biar jadinya gak ketularan Atik gini.


Abis makan begini langsung perut mules, disaat yang tidak disangka2 si A'ma bilang 


JALAN KAKI MAKI DEH


*gedubrakkk*


Untung gue sudah terlatih nonton pelem shaolin. Jadi jalan kaki sampe rumah pun gak berasa. Sambil cerita2 di jalan tiba2 langsung kek jadi turis dadakan dengan muka kek abis dicelup dalam kopi.


Sebelum tidur gue membaca ulang sms yang masuk seharian dan terlihatlah sms dari Syifa tadi pagi yang nulis :


KAK ACIK, SAYA NAEK PETEK2 O5


Pesan Idup : Gak ada salahnya jika membaca sms dengan penghayatan dan pengamalan. Tauk daritadi gue udah nahan angkot 05 daritadi di flyover terus nanya ke penumpangnya "LIAT SYIFA GAK? 


*sigh*

No comments:

Post a Comment