Sunday, May 18, 2014

Ishikoro Boushi

Bangun gara2 barusan gue mimpi buruk. Mungkin karena kecapean jadi bawaannya mimpi aneh2. Sepulang kantor sebenarnya gue pengen langsung ngetik tapi gara2 si Isna adek gue yang bungsu bertanya "bagemana caranya dikasi nyala ini (tivi pake antena baru)?" akhirnya gue mangkal deh depan tipi, makan sore lalu nonton master chef junior di star world dan nickelodeon. Lanjut dengan aktivitas bersih2. Dan dari semua aktivitas yang ada gue baru bisa ngetik sekarang. 

Gak jauh beda dengan bokap yang mule kemarin subuh udah pantengin chanel lokal depan tipi. Berbagai cara dilakukan termasuk bangunin orang2 di rumah. Iya nih, sejak tuh antena orange tv baru dipasang di rumah 2 hari yang lalu semua orang rumah merasa mendapat pencerahan. Mata serasa dimanjakan sama chanel2nya yang baru. Misalnya kakak gue yang mule nonton The Simson lagi. Gue yang nonton Mr.Bean dan adek2 gue yang nonton Bruce Lee. Huehehe. Setelah ngasih info penting penggunaan remote ke nyokap bokap tentang cara menggunakan tuh tipi dengan antena baru, gue pun berangkat kantor.

Tadi pagi pas ke kantor, gue sih udah nargetin kalo memasuki 2 minggu di bulan ini gue gak boleh punya absen merah. Gue pengen sekali2 gak dapet merah. Alhasil pergi pagi2 dengan berlari2 di Jl.Kanfer membuahkan hasil. Gue nyampe kantor tepat pas jam ceklok nunjukin jam 07.56 sayangnya pas gue mo masuk pintunya dikonci dari luar sama pak Iping. Nomornya dia pun gak ada, nyusul ke rumahnya gak mungkin karena gue buta peta. Walhasil gue harus menunggu di luar kek orang bego. Beberapa menit kemudian, si satpam pun datang dan pintu kantor pun terbuka. Pas liat jam di ceklok udah nunjukin pkl 08.20 oh tidaaaaakk kalo gue absen otomatis absen gue bisa merah. Enggak, mending gue pake alternatif lain. Tanpa banyak mikir, gue ambil pulpen itam trus gue catet deh di absent card. #MasihMoko.

Ngmong2 soal absen, gue emang berambisi untuk naklukin bulan ini sebagai karyawan gak pernah telat (ngarep). Namun, harapan hanyalah harapan. Ada satu hari dimana gue telat ke kantor dan belum sampe kantor gue mutusin untuk beralih ke planning berikutnya yaitu nyari antena di Jl.Hertasning. Kejadian itu berlangsung di hari Senin kemarin. Udah telat, pas jalan gue nyaris diserempet sama motor yang jalannya berlawanan dengan arah gue jalan. Untung gue masih bisa nahan diri dan gak ngeluarin jurus kameha-meha.

Gue pun melanglang buana di sepanjang Jl.Pettarani dan nongkrong untuk kali pertama di tempe mendoang Jl.Hertasning. Setelah dapet beberapa info tentang antena disono dan bertemu sama pak Rahmat mantan dosen gue dulu, akhirnya gue pun menelusuri Jl. Toddopuli dan berakhir dengan beli bakso di perempatan lampu merah deket pasar Toddopuli.

Sampe rumah, gue pun makan dengan penuh kemerdekaan. Gue gak tau apa yang dipikirkan sama orang2 kantor disaat gue di rumah sedang tidur nyenyak di sofa. Akankah mereka nanyain gue? Adakah? 

Siangnya kakak gue udah minta dicariin berkas2nya yang mo dikirim ke Gowa. Huft. Untung tadi gue dikasi arem2nya. Jadilah gue langsung menjelma sebagai adek yang baek. Wuehehehe.

Keesokannya, pas nyampe kantor kak Anti menjadi orang pertama yang nanyain gue kenapa gak dateng kemarin. Disusul sama mbak Yanti dan kak Lis. Dari percakapan itu kak Lis pun mengakui satu hal :

"KULIAKKO KEMARIN JALAN CIK PAGI-PAGI"

Hah? jadi kemarin kak Lis liat gue berkelana sendirian bawa2 tuh tempat bekalnya yang dari Solaria yang dikasih ke gue pas Nezer ulang taun. Ya, ketahuan deh kalo gue pulang. Pffth.

Di satu sisi mbak Yanti memperlihatkan ekspresi yang campur aduk antara kepo dan khawatir. Setelah dikepoin dan dugaan kak Lis kalo dia liat gue jalan ke arah Pettarani benar, tiba-tiba mbak Yanti ngomong :

"KUKIRA CIK DITABRAKKO. BILANG KENAPA INI ANAK NDAK SAMPE2 KANTOR. SUDAH BILANG SAMA ORANG TUANYA MO KE KANTOR NA TIDAK SAMPE2 PI"

Kekhawatiran yang sangat mendalam. Diperhatiin sampe segitunya sama orang2 kantor buat gue adalah sesuatu yang langka. Biasanya gue ada pun serasa gue gak ada. Mungkin karena gue gak punya bahan kali yak? Wuehehe. Pas gue ceritain hal ini ke nyokap, sang nyokap langsung meluk gue. Oh nyokaaap, ur the best.

***

Beda halnya dengan Jum'at lalu waktu kak Lia dateng di kantor. Ini mah lebih parah. Paginya sih berjalan lancar2 aja. Gue bahkan bilang OH GOD THANKS IT'S FRIDAY. Bayangin coba, pagi2 gue udah dikasi uang beli bakso dari pak H.Kadir Rp50rb. Cukuplah buat kita semua makan bakso di kantor. Sisanya Rp10rb. Mo dipake beli apa lagi ya? Hmmm.

Berhubung acara makan es krim Wall's di pante Losari semakin dekat yakni lusa, gue sama Ipek pun mutusin untuk beli es krim di alfamart. Sampe alfamart, dan ngambil sekedarnya kita pun ketemu sama kak Yus, senior di FKM pas mo bayar di kasirnya. And guess what? kita ditraktir. Momen kek gini kalo gak dimanfaatkan bisa nyessel. Gue berlari2 kegirangan dan lompat2 masup kulkas di alfamart abis itu masupin semua cemilan dan minuman dalam troli, ya kagaklah. Gue cuman ambil es krim feast 2 biji. Satunya rasa coklat, satunya lagi rasa vanila. 

Setelah shalat Jum'at, eh si Ira sukses dikibulin sama Pitek dan kak Lis. Luar biasa. Rp100rb pun masup kantong. Hasil pajak itu dpake beli ayam lalapan suroboyo. Habis makan siang menjelang sore. Gue sukses mencret dan sakit perut. 

Sorenya gue ijin nebeng pulang sama mbak Yanti sampe Pertamina. Di sudut yang tak terduga kak Lia pun muncul. Awalnya gue, Pitek dan kak Lia mo nebeng sama mbak Yanti sampe Pettarani. Berhubung, dokter gigi untuk ganti karet behelnya Pitek gak ada akhirnya dia memutar haluan lebih dulu untuk ikut Ipek ke klinik. Sisa gue dan kak Lia.

Here we go

Gue sama kak Lia nungguin mbak Yanti depan kantor. Mbak Indri pun muncul disaat2 kritis (kantor udah mo ditutup). Okeh, mbak Yanti belum keluar masih nungguin kak Mega. Okeh apa selanjutnya? Gue ijin pulang duluan untuk jalan kaki ke warung bakso bandung depan depag bareng sama kak Lia. Tapi karena mbak Yanti udah siap2 akhirnya kita tetap nunggu sampe mbak Yanti keluar idupin mobilnya.

Blunder kali ini terjadi waktu pas ijin pulang, gue bilang ke mbak Yanti :

"IYEK KAK, SAYA JI NAPANGGIL MAKAN KAK LIA DI BAKSO BANDUNG"

Setelah bilang itu rasanya gue pengen bilang sama mbak Yanti "MBAK YAN, HARI INI SAYA RESIGN DENGAN HORMAT" Huhuhu. Blunder. Ini sama halnya maen bola dan nendang bebas ke arah gawang sendiri.

Kita yang dari tadi nungguin mbak Yanti untuk nebeng akhirnya gak jadi ikut gara2 kak Lia nunggu kiriman kue dari mahasiswa. 

Mbak Yanti : Ayokmi
Kak Lia : Kak ndak jadika ikut ada saya tunggu mahasiswa sudah jalan kesinimi
Gue : Kalo begitu kak saya mi saja yang ikut sama mbak Yanti
Mbak Yanti : Iyo, sinimeko acik
Kak Lia : Acik, biarmi ikut sama saya kak
Gue : ...

Mampus. Posisi gue terjepit. Gue tiba2 jadi robot yang tunggu remote selanjutnya ditekan. 

Setelah mbak Yanti pulang duluan bareng sama kak Lis dan kak Anti. Kemudian kak Mega ikut sama mbak Indri ke rumahnya karena sakit perut. Akhirnya gue ikut sama kak Lia naek bentor. Sebelum kita berangkat, kirain kak Lia mo ngomong penyesalannya ato apalah. Ternyata...

"BAWAKANKA TASKU CIIIIK..."

Speechless. Gue seolah2 ada dalam salah satu adegan film "jomblo" ato film "marmut merah jambu" yang tiba2 muka gue di zoom dan difoto dengan tampang bloon kemudian di jidat gue distempel ungu dengan tulisan "JONGOS". Yiaks. Selamat anda jadi jongos hari ini. Huhuhu.

Sampe bakso bandung, kita mesen satu porsi. Untuk kali pertamanya gue makan bakso pake toge sodara2. Mhuehehe. Kak Lia nambah sampe 2 porsi. Gue mah jangankan mo nambah, seporsi aja gak abis. Sambil ngapdate twitter, kak Lia tiba2 bilang :

"CIK, INI BAKSONYA KEK LAMAMI DIK?"

APAAA??? TIDAAAAAAAAAAKKK Tiba2 gue pengen langsung muntahin tuh bakso ke mangkok yang ada didepannya. Setelah nebeng sampe Pertamina, kita pun berpisah sampe akhirnya gue nyasar lagi di pisang goreng nugget depan gedung PWI. Beli pisang goreng nugget spesial coklat keju dan keju masing2 1 porsi. Sampe rumah kakak gue minta dibayarin. Ya, pecahlah tabungan untuk bayar utang yang ada. Tapi demi calon ponakan gpp deh sekali2. 

Keesokannya mbak Yanti nanya :

"JADI ENAKJI CIK BAKSONYA KEMARIN? NABILANG MBAK LIS ITU ACIK SANA MAKAN SAMA LIA"

Padahal harapannya mbak Yanti dkk udah nyampe Pertamina. Baksonya enak? dari level 1-10 gue kasih 2 poin deh. Huehehehe.

Pesan Idup : Selayaknya Ishikoro Boushi, jadi kerikil itu gak ada enaknya sama sekali. Terlihat tapi gak dianggap ada dan jadi bagian dari yang lain. Gak ada yang peduli, dia sudah makan apa belum. Dia ada, ketika dia dibutuhkan saja. Ketika sudah tidak dibutuhkan dia bakal dilupakan. Terkadang gue merasa kalo jadi kerikil itu jujur menyakitkan. 

No comments:

Post a Comment