Thursday, May 8, 2014

Sambel Tumis I'm in Love

Update? Midweek? Okeh nyamuk di rumah sekarang main keroyokan. Curang nih nyamuk. Gile aja loh banyaknya malam ini. Banyak. Sebanyak pengangguran yang ada di negeri ini setelah toga nempel di kepala. Sebanyak kenangan yang udah gue share di twitter. Sebanyak utang yang belum sempet terbayarkan dan amanah yang sementara diperjuangkan. Aihhh. Oh iya, udah mo masuk weekend lagi. 

Dalam waktu yang sangat deket, si Nezer anaknya kak Lis bakal ngerayain hari ulangtahunnya yang ke-1 hari Sabtu ini tepatnya tgl 10 Mei. Kemarin dan tadi siang undangannya uda kelar sebagian ditulis dan dibagikan. Gue, Pitek dan Ipek masing2 juga dapet 1 undangan. Dengar2 cuma yang punya undangan yang bisa bawa pulang KFC. Sampe segitunya. Wehehehe. Dilanjutkan dengan acara kondangan dari tetangga kantor di daerah Gowa keesokannya. 

Trus uda 2 hari ini gue liat spanduk gede bertuliskan "100K FOR ALL SIZE" tepat di atas pintu masuk ke dapur coklat daerah pengayoman. Gue ulang sekali lagi FOR ALL SIZE. Can u imagine that?. Gue geleng2 gak percaya malah terkadang membuat mata gue nanar seolah2 mendapat pencerahan dengan kata "all size". Seolah2 lampu philips di atas kepala gue nyala dengan terang benderang trus disusul gue yang spontan bilang "AHAA MAKANAN, I'M IN LOVE". Bentaran kalo gue jadi beli, pengen deh mesan kue yang sebesar tudung saji di rumah. Apakah itu bisa diwujudkan? will see it. Kue disana emang katanya mahal2. Bahkan pernah waktu itu temen gue si Pitek cerita kalo kue ultah yang dulu dia beli buat adeknya itu seharga 250rb and u know what? pas dirayain sm temen2nya eh tuh kue cuma dipake buat lap muka di muka adeknya. Super sekali anak muda jaman sekarang pemirsah.

Bersamaan juga di minggu ini, kemarin kakak gue hadir ditengah2 ruang makan dan bilang ke gue "WEH ADA ITU NANTI JAJANAN KULINER NUSANTARA TGL 24 MEI, AYOK DEH KESANA". Terlebih tadi gue dikejutkan lagi sama Ipek yang bilang "KAK ACIK, ADA ACARANYA WALLS TGL 11 MEI INI. MAKAN ES KRIM SEPUASNYA. GRATIS". Pusatkan perhatian pada kata GRATIS. Apapun itu yang namanya gratis pasti menyenangkan. Makanan gratis, es krim gratis, sambel tumis gratis, dada-paha ayam gratis, kue gratis dari mami dan mbak Indri. Kalopun ada parabola gratis, tetep aja menyenangkan meski gak bisa dimakan. Sama halnya dengan nebeng. Oh sodara2ku indahnya hidup dengan kata "gratis".

Mari kita maknai kalimatnya satu per satu "JAJANAN KULINER" dan "MAKAN ES KRIM SEPUASNYA GRATIS". Ekspresi dari otak dan perasaan gue ketika mendengar kata MAKAN - SEPUASNYA - GRATIS adalah langsung meluk kulkas (lho?). Gue kalo liat makanan kek lagi liat orang cakep, suka senyum2 sendiri kek orang jatuh cinta. Kenapa? karena kalo sudah cinta, maka akal sehat lo bakal hilang dan lo bakal ngelakuin hal2 yang setidaknya cukup ekstrim. Seperti makan duren sampe seisi kantor berbau durian atau mencongkel sisa makanan pake obeng (yang ini mah pengalaman kemarin).

Jadwal bulan ini asli padat. Mule dari ngurusin all about sk dosen, adek2 junior, hadiri undangan ulangtahun dan kondangan, nyari kampus untuk ngasih materi dan tentunya bayar utang. Hal ini bakal nguras keringet dan uang sambil banting badan serta latto-lattokin tulang leher. 

Inti dari intinya gue cuman mo bilang "Selamat datang di bulan Mei" Mhuehehe. 

***

Tadi pagi gue berangkat sama nyokap naek angkot seperti biasa. Namun kali ini sih agak cepet. Kalo 3 hari berturut2 kemarin kita singgah di pasar beli kue untuk pengawas ujian di sekolah, maka hri ini kita langsung meluncur ke kantor masing2. Terlalu cepet berangkat membuat gue memilih berjalan lambat dan muter2 antara Rappocini dengan Buakana. Pas sampe kampus 1 ketemulah gue sama si Anwar. Junior gue. Gue lanjut nongkrong dan sedikit bergosip tentang kebiasaan gue akhir2 ini. Tentang gue yang entah kenapa tiap kali abis sarapan gue selalu pengen nabung di wc. Mungkin pengaruh kebanyakan makan sambel malamnya. Iya, sambel tumis yang gue beli kemarin di kampus dan tadi pagi gue sukses pup di wc kantor dengan suka cita. Gak nahan sakit perutnya.

Akhir2 ini gue emang kek kecantol gitu makan sambel. Istilahnya gak makan sambel ya sama halnya dehidrasi. Parah. Makanan buat gue itu enak tergantung dari sambelnya. Gue nambah nasi apa nggak, tergantung apakah sambelnya bisa bikin gue garuk2 kepala apa nggak. Gitu. 

Nah 2-3 hari ini gue berinsitif untuk beli sambel sebagai upaya mempertahankan hidup dengan menu yang sangat super sekali di kantor. Iya makanan pembagian yang gue dan temen2 dapet gak mengundang selera dan napsu makan. Misalnya 2 hari yang lalu, gue dikagetkan dengan isi menu yang cuma 2 macem di dalam kotak yang selanjutnya disebut dengan Styrofoam. Isiannya nasi sama ikan bandeng masak. Pas diamati, gue sempet mikir mungkin besok makanannya sisa nasi putih. Huhuhu.

Sejak saat itu gue mutusin untuk berburu sambel tumis ke rumah makan deket kantor. Pilihannya jatuh pada rumah makan nasi pedas mirasa. Sampe sono, gue dikasih sambelnya cuma2 itupun antara ketidakikhlasan dan rasa kasian yang cukup dalam. Gile hari gini dapet sambel gratis bukankah itu suatu anugrah? Mungkin ibu2nya disana ngira gue ini gembel padahal gue kan mo beli, walo modal uang yang gue pegang waktu itu hanya 2rb. Gue pun pulang dengan wajah berseri2. Gue makan dengan sangat lahap. Satu hal yang harus gue terima dengan lapang dada adalah GUE BARU MAKAN IKAN BANDENG YANG MASIH BERSISIK.

Keesokannya lauknya pun setingkat lebih bagus, telur dengan perkedel. Tetep dunk pake sambel tumis. Gue ke mirasa berharap masih dikasi gratis, alih2 mo gratis ibu2nya pun bilang "aih nda adami lombok tumisku". Dia udah tau modus kedatangan gue. Plan A gagal beralih ke plan B. Akhirnya gue ke kampus 4, sampe kantin ibu2 nya bilang "sebenarnya tidak kujualki lombokku, adapi lagi yang beli ubi baru dikasiki". Hah ? Secara tidak langsung si ibunya mo ngomong "beli meko ubiku dulu baru kukasiko lombok". Setelah ngasih tampang2 melas rada2 kek peminta2 lampu merah baru deh dikasi. Huhuhu.

Okeh, gue balik kantor ketika yang lain sementara makan siang. Gue masuk ke ruang makan dan terciptalah dialog yang intinya gue beli sambelnya itu 2ribu rupiah.

Kirain kak Lis mo ngomong apaan ternyata 

"ASTAGA CIK, ITU LOMBOKNYA TOH LOMBOK BASSOJI ITUUUUU"

Gue pun sukses dibego2in sama penjual ubinya. Tauk kek gitu, gue mending bajak gerobak baksonya si Angga. Masih kurang puas gue sama Pitek ke warung makan sop ubi di kampus 2. Disana gue dapet sambel tumis belimbing dengan harga 2ribu rupiah, sekalian si Pitek beli celana di butik mungilnya kak Ana. Pengennya sih tuh sambel dikasi 2 kantongan plastik, tapi apa boleh buat nenek2nya kagak denger. Gue bilang "kasimi aji, 2ribu. kasi beda plastiki". Dia ambil 1 plastik dan ngasih ke gue. Trus muka gue yang kek heran2 gitu liat tuh nenek2. Harap maklum.

The other story come this day...

Menu 2 hari yang lalu balik lagi dengan ikan bandeng masak yang sekali lagi tidak disisik. 

oh tidaaaaaaaaaaaaaakkk

Awalnya okelah kita maklum, kokinya mungkin masak lagi galau. Alternatif lain adalah menggoreng ulang ikannya biar nafsu makan bisa naek. Naek ke langit2 kantor.

Sebelumnya gue mutusin untuk beli sambel tumis. Lagi ? Kali ini gue ke warung makan adem ayem. Beli seribu dapet banyak. Mhuehehe. Si Ipek mah cuma bercoleteh "kak, nanti toh terkenal maki se kampus, terkenal beli lombok". Yayaya. Jangan salah kalo ada sambel gue bisa makan lebih 2 piring nasi loh.

Balik ke kantor dan si Ipek pun mule menggoreng tuh ikan bandeng bersamaan dengan lauknya kak Mega. Ayam digoreng bersamaan dengan ikan bandeng. Luar biasa. Pukul 13.00-an anak2 yang lain pada makan including si Ipek. Gue mutusin makannya itu pukul 14.30 hanya gara2 keenakan ngemil pillow coklat dan funtime vanila coklat. 

Setelah Ipek makan dia cuman ngasih gue petuah2 :

KAK ACIK, ITU IKAN TOH TIDAK KU PEGANG2 JI KARENA TERNYATA ITU IKANNYA PERUTNYA JUGA TIDAK DIBERSIHKAN. BAU PEOKI.

HAH ??? serius lo?

Ikan masak bersisik, perutnya gak dibersihin dan tentunya baunya bau got. Super sekali koki kita hari ini. Super sekali.

FYI tadi gue timbang di kantor dan bobot badan gue naik 3 kg, yang tadinya hanya berfluktuasi dikisaran 44-45 eh sekarang udah 48 kg. Daripada gue pake stagen (bener gak sih, stagen?) mending menjalankan program diet. Program diet come ahead.

No comments:

Post a Comment