Tuesday, August 19, 2014

Kampus Malang dan Kenyataan yang Ada

Awalnya gue pikir kehidupan gue akan berubah dengan membiasakan diri gak telat ke kantor. Beberapa bulan yang lalu di bulan April-Juni contohnya, beberapa kali gue memecahkan rekor dengan absen yang 100 persen hitam semua, nyaris gak ada merahnya. Tapi semua berubah seiring berjalannya waktu. Perubahan itu sering gue temuin bulan lalu. Iya. Gue menjadi orang yang rada2 suka telat. Tidak bisa dipungkiri kalo tidur di pagi hari mampu memberikan efek yang luar biasa. Bangun lalu irup udara segar lalu beri salam pada dunia kemudian berkata "ah masih terlalu pagi, tidur lagi mungkin tidak mengapa". Mhuehehe.

Masih inget aja, pas jaman2 gue suka datang telat di awal2 taun. Pas tiba di kantor, gue yang tadinya masih anteng2 aja tiba2 harus langsung menetralisir perasaan gue dengan tatapan beberapa pasang mata yang sejak pintu kantor gue buka sampe gue memastikan kalo gue sudah duduk dengan posisi yang benar. Kaki dibawah dan tangan dilipat dua diatas meja kemudian tersenyum di kursi dengan perasaan aman sentausa seolah-olah gak terjadi apa2. Gue membalas tatapan itu dengan mata yang seakan2 berkata "oke, i'm fine thanks" ato gue yang tiba2 bereaksi menjadi sangat rajin dengan menjalankan rutinitas pekerjaan seperti biasa. Hal ini terbukti mampu mengalihkan perhatian beberapa orang di kantor (modus menghindar dari amukan massa).

Seperti kata orang2 optimis pada umumnya that show must go on. Hidup memang berfluktuasi. Samalah dengan kehidupan gue di kantor, kalo gak telat ya kecepetan datengnya. 

Eniwei, lebih dari seminggu ini gue selalu ikut sama nyokap naek angkutan sejuta ummat. Angkot alias angkutan umum. Berangkatnya kaga tanggung2. Biasanya kita berangkat dibawah jam 07.00 yang pada akhirnya mengantarkan gue untuk datang cepet dan mau gak mau nongkrong di tempat pendaftaran kampus 1 sebagai salah satu tempat aman untuk menunggu teman2 kantor yang lain datang. Sendirian di kantor kadang membuat gue bertanya2 "yang nyalain mesin fax siapa?" atau "siapa yang masuk di wc?" disaat semua orang ada di luar atau komputer yang tiba2 monitornya menyala meskipun kita bejibun2 di kantor. Hiii.

Kejadian demi kejadian pun terjadi sampe akhirnya kemarin gue melakukan kesalahan besar di bulan ini.

Here how the story goes...

Alkisah di pagi yang cerah, gue bareng nyokap berangkat barengan naik angkutan umum seperti biasa. Sampe di kampus gue langsung menuju tempat pendaftaran. Disana gue ketemu sama beberapa staf kampus yang sedang cerita2. Dari cerita2 biasa sampe gak biasa. Dari cerita lucu2 sampe yang horor. Andekan ini es buah, mungkin udah dari tadi jadi es campur.

Bapak 1 : Memang nah, di bank itu biasa kita dengar ada anak kecil menangis
Iqbal : Di dalam juga
Ibu Sumni : Itumi saya ndak mauka ke fakultas kalo masih sendirika
Gue : ...

Ya ampuun udah deh, semua tempat pasti ada yang jaga. Misi gue waktu itu ada dua :
1. Balikin helmnya kak Naya di koperasi
2. Cek ijazah yang dititip sama Emi temennya si Pitek

Berhubung koperasi emang belum buka dan tentunya kak Naya belon datang, tuh helm gue balikin lagi ke bank. Kemudian, lanjut deh ke misi selanjutnya. Kak Idalailah disaat yang tak terduga pun datang. Gue ikut ke kantornya untuk cek ijazah. Setelah dicek, tuh ijazah yang gue cari belum ada. Dugaan sementara mungkin berkasnya memang belum ada. Jam di henpon udah nunjukin 08.14 dan gue masih ada di kantornya kak Idalailah. Gue masih punya empat menit untuk ceklok di kantor. 

Pertarungan pun dimulai. Pertarungan antara diri sendiri dan waktu.

Empat menit untuk menempuh jarak 120 meter bukanlah hal sepele. Setelah gue lari2 dengan gaya bebas gak jelas bawa2 helm dan berkas formulir pendaftaran maba, gue pun nyampe kantor. Gue buka tuh pintu kantor dengan nafas ngos2an. Gue masuk dan mendapati si Ipek lagi berdiri dengan posisi megang kartu absen. Oh tidaakkk. Helm, lupa gue simpan. Gue pun berlari mendekat pada mesin ceklok berharap absen gue gak merah. Ipek cuman bisa berbalik ke arah gue lalu menggeleng2. Seolah ingin bilang "sudahmi kak, lambat maki dan itu sudah tidak bisa lagi diubah". 

Gue coba mencocokkan jam di henpon gue dengan jam kantor. Seharusnya gue belon telat. Jam di kantor akan menunjuk jam 08.00 kalo di henpon gue udah nunjuk 08.18. Gue masukkan kartu absen ke dalam mesin ceklok. Pas sudah ceklok tercetaklah angka merah bertulis 08.01 di kartu absen. Lutut gue seketika itu lemes, hanya ada deru ase yang berbunyi. Mesin ceklok pun melirik gue dengan tatapan "kasian deh lo". Huhuhu. Gue gagal. Sulit dipercaya ini bisa terjadi. Pacce yang melanda jiwa raga. Benci deh. Padahal nyampe kampus sekitaran 07.20-an itupun setelah memperlambat jalan di Rappocini sambil nendang2 batu kecil dan gue harus mendapati kenyataan pahit ini kalo gue telat.

TIDAAAAAAAAAAAAAAKKK *burung2 beterbangan*

Telatnya satu menit. Gue ulang ya SATU MENIT. Sakitnya tuh disini *nunjuk hati*.

Hampir sama kejadiannya pak Arifin dulu. Parahnya dia cuma berlalu lalang di dalam kantor selama kurang lebih satu jam. Begitu yang lain pada dateng, baru deh dia absen. Masih inget gue, waktu itu dia cuma bilang "deh lupaka absen". Mhuehehehe.

Terlalu cepat berangkat tidak menjamin kartu absen bisa selamat seperti yang kita harapkan.

***

Well, akhir2 ini kesibukan gue bertambah. Ibarat gelas yang sudah tidak cukup menampung air terlalu banyak lagi. Semakin banyak kesibukan tentunya akan semakin banyak tanggungjawab yang harus diemban. #Kehidupanga. Ada beberapa project yang harus gue selesaikan sebelum masuk bulan September. So little time but so much thing to do.

Sejak memutuskan untuk dateng gak telat ke kantor, gue mule menset jam di henpon gue 18 menit lebih cepat dari jam kantor. Alhasil gue bisa menaklukkannya. Kadang gue memilih untuk berlomba dengan waktu, seru aja gituh. Kek motto reality show paporit gue "don't walk, run !". Ah running man memang membuat idup gue lebih berwarna. Aihhh. Sekarang nonton running man menjadi rutinitas tambahan gue setelah Yakkung tidak main lagi di Superman Is Return. Setidaknya itu sudah berlangsung sekitar seminggu ini. Pol2anlah gue nontonnya. Awalnya sih gue taunya tuh reality show mainnya pas subuh doang jam 04.00-05.30 begitu dikasih bocoran sama Ipek baru deh nyadar pertengahan minggu kemarin kalo tuh acara main juga jam 21.30-23.00 itu artinya selama hampir seminggu, yang gue tonton itu cuma siaran ulangnya. Huhuhu.

Back to our main topic, jadi kemarin itu gue ke yayasan bareng Tati dengan niat baek2 untuk narik gaji gue abis itu lanjut deh ke fakultas urus ampra mengajar yang keknya udah mo membatu aja karena gak cair2. Setelah beradu argumen dengan cukup alot, si Satria ralat bukan baja hitam dengan sok kebapakannya berkata "kalo maujeko tunggui paketmu cair, tunggumi tapi setelah kuselesaikan tanggungjawabku untuk pencairan paket dosen baru".

WHAT???

Gak salah denger gue? Menunggu? Sampai kapan? that's the point. 

Setaon gue nunggunya gak ada realisasi. Nunggu sampe pala Messi berubah kotak sekali pun gue juga kaga mau. Gue bingung. Disaat2 genting seperti ini dimana utang2 gue numpuk dan membengkak gue cuma mendapat kata TUNGGU. Oh, c'mon man. Menunggu bukan solusi. Gak heran aja kenapa Indonesia gak pernah menjadi negara maju.

Setelah dijelasin, gue akhirnya gak ngerti. Dijelasin lagi, akhirnya gue bisa paham kalo Satria ralat bukan baja hitam gak ada niat untuk nyelesaiin semuanya. Mungkin. Akhirnya gue cuma pulang dengan kepala kek ondel2, noleh kiri kanan kek mo nyebrang. Berhubung ini masih nuansa kemerdekaan, gue cuma mo bilang kalo Indonesia, negeri kita ini sama sekali belum pernah merdeka.


No comments:

Post a Comment