Sunday, August 10, 2014

Semangkuk Cerita Awal Bulan

Gue baru saja misuh2 pas nonton tv one malam ini,  ya heran aja kenapa ulama2 di Indonesia sekarang kebanyakan ngomongin agama tapi gak tau berhukum sesuai agamanya. Mau jadi apa negeri ini?

***

Seminggu berlalu banyak hal yang gue lewati. Ada hal yang baru, sedih, seneng, seru dan tentunya mengejutkan. 

Kemarin malam misalnya kakak ipar gue udah nyampe lagi di rumah setelah seminggu di Selayar. Tapi kali ini beda, dia bawa 1 ekor ayam (idup2). Terakhir orang di rumah piara ayam waktu masih di Pengayoman. Otak gue langsung mikir. Nih ayam kemungkinan nginap di rumah cuma dua. Kalo gak disembelih dan dimakan ya paling banter nih ayam buat dipelihara di rumah. Gak kebayang aja kalo tiba2 kita pelihara, yang ada pas keesokannya kita semua bangun tuh ayam udah merdeka pup dimana2. Cukuplah rambut ini dulu pernah kena pup kucing. Jadi plis sekali lagi jangan piara ayam. Plisssss.

Bak dayung bersambut. Menjelang siang tadi tuh ayam sukses disembelih dan sekarang udah jadi makanan enak yang dibuat nyokap buat bokap hari ini dan tentunya buat semua orang di rumah. Pengen rasanya langsung joget2. Tapi karena khawatir ditimpuk oleh sang duo kakak akhirnya gue lebih memilih untuk diem. Padahal tadi subuh tuh ayam masih sempet2nya berkukuruyuk ria di halaman samping rumah. Sekarang dia udah rest in peace. Huhuhu.

Eniwei, hari ini adalah hari pertama gue bareng nyokap bikin gogos loh di rumah. Untuk campuran ayam itu sendiri butuh santan yang banyak buat menghasilkan gagapek. Alhasil gue dan nyokap kecapean marut kelapanya. Bukan cuma itu, daun pisang dan tusuk gigi pun abis. Gak ada rotan, akar pun jadi. Gak ada tusuk gigi, ijuk pun jadi.

Kejdian yang gak kalah seru pas Sabtu minggu lalu, untuk kali pertama dalam sejarah idup gue berkeliling ke rumah teman untuk halal bihalal. Setelah makan kue sepuasnya di rumah Pitek bersama Ipek kita bertiga ke rumahnya kak Ati di Muhajirin. Halal bihalal habis lebaran sangatlah menyenangkan. Nyambung dari postingan sebelumnya jadi buat yang belum baca sila dibaca dulu yak postingan minggu lalu. Lanjut. Gue dan Pitek yang naek bentor duluan sampe dibanding Ipek yang naek motor. Kita berdua turun dari bentor, Ipek mule parkirin motornya di bawah kolong rumah panggung. Kita bertiga akhirnya naek ke atas rumah.

Pitek : Assalamu alaikum, ada kak Atik?
Wanita Tak Dikenal : Oh rumahnya tantenya ini, rumahnya Ati di belakang dek
Gue + Ipek : ...

Oh Tuhaaann JADI RUMAH YANG KITA DATANGI ITU...

Akhirnya kita dianterin sama anak kecil dan kita pun sampe di rumahnya kak Ati (rumah sebenarnya). Rumahnya ada di belakang rumah tantenya dia ternyata. Kita bertiga malah gak apa2 lewat kolong rumah tantenya waktu itu. Bertahun2 gue tinggal di kota ini tapi tetep aja suka nyasar. Tapi serius loh, waktu itu rumahnya beneran mirip. Rumahnya menghadap kemana, modelnya gimana dan tentunya dibuat dari apa semuanya sama. Terakhir kali gue kesana kalo gak salah 2 taon lalu pas anterin si Fitri untuk konsultasi skripsi. Setelah salam2an, minum sirup, makan kue dan cerita2 tentang kehidupan di Pangkal Pinang gimana kita bertiga pamit pulang. Seru.

Beberapa hari setelah masuk kantor perbincangan tentang halal bihalal pun menyeruak (apa coba?).

Pitek : Ayok deh ke kak Idalela pi halal bihalal
Gue : Tunggu ku sms ki dulu
Fahrul : Sapa yang adakan halal bihalal? Sapa2 ikut?
Ipek : Hehehe
Pitek : Jelaskan !
Gue : Ya, halal bihalal salam salaman gitu loh
Fahrul : Ooooooooooooohhhhh kukira...

Jadi sodara2 sekalian si Fahrul sama sekali gak nyambung. Halal bihalal yang dia maksud adalah halal bihalal yang formal, itu loh yang sampe ada artis dateng ke kampungnya.

*tepok jidat*

Junior2 gue di kantor emang rada2 unik. Beberapa hari yang lalu misalnya si Fahrul sempat2nya bilang ke gue "KAK, BANYAK ANAK HIZBUT TAHRIR MASUK ISIS". Gue secepat mungkin membantah kalo itu salah. Hizb sama ISIS jelaslah beda. Khilafah yang mereka maksudkan pun berbeda. Tapi baguslah junior2 gue uda mule mo belajar semua.

Sekarang malah anak2 di kantor jadi kutu buku semua seminggu terakhir ini. Pitek misalnya Rabu kemaren minjam buku "saleha is me" yang baru gue beli akhir Juli lalu sampe sekarang katanya belon abis dibaca. Ipek masih berkutat di buku travelernya triniti yang sempet gue pinjam dari Imak dan sebuah prestasilah kalo gue bisa membaca 5 buku dalam kurun waktu seminggu. Karena eh karena biasanya gue butuh waktu seminggu ato dua minggu untuk menghabiskan 1 buku bacaan. Hebat deh gue. Mhuehehe.

Ngomong2 tentang buku, tadi pagi gue sukses menyelesaikan "Ayahku (Bukan) Pembohong" nya Tere Liye. Gue pun nangis sesenggukan dan menggerus2 ingus di ruang tamu. Sendirian. Gue tau ini mungkin berlebihan, tapi sapa pun yang masih sayang sama nyokap bokap nya pasti akan merasakan hal yang sama. Trust me. 

Sebenarnya sih kalo gak diganggu kerjaan di kantor tuh buku bisa gue lahap selama seharian doang tapi Sabtu kemarin beda. Sejak pagi gue diminta bantuin kak Mega menjadi asisten teller yang berakhir dengan kak Mega yang bertanya "KENAPA BISA KURANG EMPAT JUTA?". Bukan karena kue lebaran yang gue pesan sama kak Mega udah habis, bukan juga karena gue gak makan nasi waktu itu, bukan juga gara2 gue cuma makan kue lopi yang dibeliin kak Mega siang itu sampe2 Ipek bilang "lain2ki kak itu kue" padahal emang rasanya yang kek gitu. Bukan, tapi karena 4 jutanya tersimpan di dos kecil dekat mesin penghitung uang yang sengaja memang gak dihitung sama kak Anti yang siap2 mo pergi foto bareng sama anak2 waktu itu.

KAK ANTIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIII...... KENAPA GAK BILANG DARI TADIIIIIII?

Huhuhu.

Hari2 di rumah juga gue lalui dengan pertengkaran sama sodara2. Biasalah dan itu bikin gue nyesal. Seharusnya kejadian kek gitu gak perlu terjadi. Hari libur di minggu lalu pun menjadi start awal dimana kegiatan gue di rumah cuma berkutat pada dua hal nonton - melerai kalo kagak ya nonton - lalu gue yang dilerai. 

Kalo diinget2, kisah gue yang terakhir mirip sama kisah Retro teman asramanya si Dam dalam buku "Ayahku (Bukan) Pembohong" nya Tere Liye. That's life. Kemungkinan di dunia ini cuma dua kalo bukan jadi pemenang berarti jadi pengecut.

Gue akan terus belajar untuk membuat danau yang airnya akan tetap jernih sampe gue menemukan mata air yang akan terus memancarkan kejernihan itu. 

No comments:

Post a Comment