Sunday, August 3, 2014

The Simplified Moment. Mana Sirupnya?

Hepi Ied Mubarak :)

Pertama-tama gue mo ngucapin minal aidin wal faidzin nih mohon maaf lahir dan batin buat semuanya. Buat nyokap dan bokap tercinta maafin saya kalo 2 hari ini masih suka bikin grasah grusuh bareng sodara2 di rumah. Soalnya akhir2 ini jadi suka mikir aja kalo sodara2 pada kuttu semua, bawaannya gimanaaa gituh. Bawaannya suka sensitif. Sesuai peribahasa yang mengatakan "kekuttuan dapat memancing terjadinya perselisihan". Wehuehue.

Well, uda hampir seminggu ya setelah lebaran hari Senin lalu. Hmmm. Ketupat ama buras, ato opor ayam masih ada gak? Hehe. Kemaren sih abis bersilaturahmi ke rumahnya Pitek bareng Ipek terakhir ke rumahnya kak Ati di Muhajirin. Kabar selanjutnya pas minum tuh minuman khasnya Sinjai, gue sama sekali gak mabok. Minumannya kek poteng yang dijadiin jus. Coba deh, bakal keterusan entar. Gue juga uda bisa ngerasain rasa kue coklat batangnya Mami yang waktu sebelum libur itu gak jadi gue coba. Enak, ampe lumer di mulut coklatnya.

Lebaran di negeri ini kalo gak ada makanan such as ketupat, buras sama kawan2nya gak seru. Sebenarnya sih lebaran tanpa makanan itu pun bisa cuma gak dapet aja simplified moment-nya. Gitu.

Kegembiraan yang sulit dipungkiri kalo uda menjelang hari raya adalah kebersamaannya bareng keluarga. Ngumpul2nya itu loh. Mule dari bersih2 rumah sampe mempersiapkan makanannya. Seperti biasa, isi ketupat bareng bokap dan kakak sendiri di pagi harinya. Malamnya baru deh nyetak buras bareng nyokap dan si bungsu. Siang-sore, empat lauk pun uda jadi (toppak lada, pallu kacci, kari dan goreng2). Kerjasama yang baik oleh kakak gue (Asma) dan kakak ipar gue (kak Zul) yang bantuin nyokap numbuk bumbu2nya kek lagi bikin cobek2. Hari yang cukup melelahkan tapi seru. Kata2 nyokap yang gue inget waktu bikin bumbu2nya adalah "HEHEHE NDAK BISAKI INI BUKA RUMAH MAKAN". Huhuhu.

Gue masih inget, waktu malam takbiran itu gue uda istirahat beberapa jam sebelum nyetak buras bareng nyokap dan si bungsu sekitaran pkl 22.30-an and you know what? kita nyetak burasnya sambil nonton RCTI. Soalnya film "99 cahaya di langit eropa" nya baru dinonton waktu itu. Bener2 dah gak ngapdate. Padahal novelnya uda dibeli setaun yang lalu loh dan filmnya di bioskop kalo gak salah juga uda diputar setaun yang lalu. Jadi tiap kali nyokap uda cetak dan siap gue bungkus pake daun pisang (ya iyalah masa' pake koran bekas) beberapa kejadian pun bisa terjadi.

Isna : *masupin buras dalam cetakan*
Nyokap : *nyetak buras*
Gue : *nonton sambil pegangin daun pisang*
Nyokap : Yak, pegangi !!!
Gue : Iyek mak
Nyokap : Isna tawwa cepa' tongi
Gue : *membungkus*
Isna + Gue : *nonton*
Nyokap : Yak sebentarpi lagi nonton ko
Gue : Cepat sekaliki mamak cetak, tidak terkejarka
Nyokap : Ka nontonko

Huhuhu. Nyokap emang perfeksionis, kalo uda kerja harus diselesaikan. Nyokap gak suka nunda2 kerjaan. Alhasil tuh buras2 dalam waktu yang cukup singkat gak sampe setengah jam pun selesai. Kak Zul pun berhasil menjalankan tugasnya dengan baik yakni mengikat2 tuh buras dan memasaknya. Kali ini kak Zul didampingi oleh 2 dayang2 dari daerah antah berantah yakni Fitrah adek gue dan om Ridu. Buras pun mateng, sodara2.

Keesokannya kita pun pergi shalat ied di lapangan masjid dekat rumah. Itupun gue udah ditinggal gara2 kelamaan. Masih kek biasa, shalat ied nya di masjid langganan setelah PMCC waktu masih tinggal di komplek Catalya 2 dulu di Boulevard. Karena gak mo kalah sama pak JK, bokap nyokap di rumah pun bikin open house. Hehe. Bedanya, kalo rumahnya pak JK diserbu warga masyarakat, rumah kita malah anteng2 aja cuma ada sekitaran 3-5 tamu yang datang di hari pertama. Puncaknya pas hari kedua dan keempat.

Seperti yang kita ketahui bersama hari kedua bokap nyokap mo ke Sudiang di Pa'jaiang. Kala itu, gue serasa jadi chef.

Nyokap : Manami nak airmu?
Gue : Ini mak, tunggu
Nyokap : Cepakko nak karena buru2i orang
Gue : *nuang sirupnya*
Nyokap : *siap angkat ke ruang tamu*
Gue : Mak penuh sekali itu sirupna
Nyokap : Mari kuminumki
Gue : Pake sendokki mak
Nyokap : Ya, cepa' moko

Awalnya gue mo ikut bareng yang lain ke rumahnya tante gue di Pa'jaiang cuma karena uda shock duluan akhirnya gak jadi deh dan milih tinggal di rumah nonton "Lucky Loser" bareng Fitrah di rumah. Film Thailand, tentang sepakbola2 gitu. Uda lama juga sih, tapi kerenlah. Baru nyadar juga kalo VICKS ternyata dari Thailand. Itu loh yang semacam balsem. Huehehe.

Sebelum bokap, nyokap dan sodara2 gue yang lain pulang ke rumah semua pekerjaan pun selesai. Kirain semuanya uda selesai dan rumah siap dikonci. Tiba2 setelah shalat isya nyokap bilang 

BIKINGKO AIR NAK

*Gubrak*

The silaturahim in Islam when ied mubarak come is never end. Semuanya berlanjut sampe akhir bulan Juli, 4 hari yang lalu. Waktu itu, bokap nyokap ngajakin gue dan kakak gue (Asma) untuk refreshing di Gramedia Panakkukang Mal. Seperti biasa, selain refreshing adalah nyari buku. Satu hal yang harusnya gue hindari tapi sulit. Apalagi pas dapet tas salempang bodypack abu2 bareng nyokap. Cantik banget tapi kemahalan. Huhuhu. Secantik harganya yang hampir sampe Rp300rb. Dapet 4 buku aja berjuang, gimana kalo mo nambah beli tas lagi coba. Prioritas adalah prioritas. And yes, gue abis Rp240rb untuk beli 4 buah buku. Utang pun membengkak. Tidaaaaaaaaaaaakkk.

Sebelum pulang ke rumah, kita berempat singgah di Breadtalk sama ATM BNI Pengayoman. Naek taksi lebih hemat berempat daripada harus nek bentor. Percaya apa nggak sampe rumah argo taksinya cuma Rp7rb-an loh. Tapi dibayar Rp10rb juga sama nyokap. Hiks. Sampe rumah, sepupu gue uda pada dateng. Anaknya yang sekitaran 3 taunan uda di depan pagar. Firasat gue mule gak enak. Cuma satu kepala keluarga sih tapiii anak2nya itu mampu menjelajahi seisi rumah dari bawah sampe ke atas. Mensana end corporisano terbukti. Dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat. Dalam keluarga yang sehat terdapat bejibun2 anak yang kuat. Sekuat ponakan2 gue lari2 keluar masuk.

Makan siang pun tiba, belom juga selesai nyuci piring sepupu gue yang lain dateng lagi. Kakak sepupu gue, Kak Iyang yang anaknya itu nakal banget. Si Ragil namanya, bocah yang lebaran taon lalu hampir membunuh gue dengan melompati punggung gue setelah lompat dari atas kursi.

Sekali lagi rasanya ingin teriak TIDAAAAAAAAAAAAAAKKK

Nyokap : Bikinko air nak
Gue : Iyek mak
Nyokap : Iyaaaaang pergiko nak minum
Asma : Mamak... hehehe belumpi ada gelas dicuci nasuruhmi orang pergi minum heheh
Gue + Asma : Hehehehehe
Nyokap : Adami airnu nak?

Huhuhu.

Kesibukan itu pun berakhir di sore hari dengan nonton "the superman is return". Sedihnya masih terasa. Yakkung uda gak ditanyangin lagi. Dan hari ini adalah akhir dari libur lebaran gue kali ini. Sembilan hari gak kerasa ya? Besok gue uda masuk kerja lagi dan akan lebih sibuk daripada sebelumnya.

Pesan Idup : Hal apapun yang gue uda lewati bareng nyokap bokap adalah sesuatu yang buat gue sendiri itu amat berharga. Disini *nunjuk hati*.

No comments:

Post a Comment