Tuesday, November 25, 2014

Reminiscence of My Job (Part 2)

Baru saja si Pitek nelfon, ah rindunya. Terima telfon harus ceria biar mereka gak sedih. Cukup kita saja yang rasain sedihnya.

Well, semalam gue dikejutkan oleh si Isna yang tiba2 nangis gara2 perutnya sakit sehabis ngasih materi dan nginap di rumah teman2nya dari HTI. Menurut analisa gue sama Pitrah sih magnya kambuh kek biasa. Setelah hampir semua orang di rumah membujuknya untuk periksa ke dokter baru deh dia mau berangkat. Itupun setelah dia sukses muntah di kamar mandinya.

Sesuai perintah nyokap bokap, gue antarlah dia ke dokter Linda Tanod. Kata dokternya sih si Isna menderita infeksi saluran kencing. Pas antri ambil obat, eh ada ibu2 liatin kita dengan tatapan aneh gitu. Sampe rumah si Pitrah ikut2an demam. Jadilah gue baru bisa tidur pulas setelah shalat subuh dari jam 05.00-07.00. 

Pas tadi cerita2 bareng nyokap di kamar baru deh nyadar kalo orang2 pada aneh liatin kita gara2 kita bawa botol panas kemana2. Sampe dokternya bilang IYA MINUMMI BANYAK2. Wuahhh, botol panas mah airnya bukan untuk diminum atuh tapi sekedar untuk manasin dan memperlancar peredaran darah. Diminum sih tapi kalo keadaannya darurat. Hehe.

Lanjut.

Berhubung ini adalah sequel dari postingan sebelumnya maka dengan tidak mengurangi rasa hormat, gue saranin postingan sebelumnya dibaca dulu yak. Terimakasih.

Februari 2013...

Gue, Pitek dan Ipek disatukan lagi dengan Fahrul yang udah duluan ke yayasan beberapa hari sebelumnya. Bersama mereka gue seakan menemukan informasi yang dulu gue gak tau. Gue yang dulunya gak update, sekarang menjadi update terhadap perkembangan berita2 di kampus. Tadinya gue seperti gembel, sekarang agak mendingan. Gue lebih parah dari itu, ya kagaklah. 

Sebagai anak baru gue perlu menghormati yang lebih tua dan sayang ke yang lebih muda. Gue kenalanlah sama kak Nani. Kita selalu satu grup di meja depan (front office). Kak Nani banyak ngasih kita petuah2 tentang hidup. Sampe yang paling pokok, seperti ngurusin almamater dan memproses pengurusan referensi. Kalo lagi gak ada kerjaan palingan bantuin kakak2 disana itungin besi bangunan. Hueh.

Disana gue mengenal banyak orang. Baik yang mukanya baru gue liat, atau pun muka yang sudah tidak asing lagi. Tapi buat dia, kami berempat begitu asing. Dulunya gue yang gak kenal sapa kak Yaya, sekarang jadi kenal. Pertanyaan yang kak Yaya kasih ke gue pertama kali waktu itu adalah KELAHIRAN TAUN BERAPA? Seolah taun kelahiran menentukan kehidupan kita selanjutnya akan seperti apa dan bagaimana cara pandangnya. Itupun mule tau dia pas makan bareng indomie kaldu di ruang makan sebelum pulang rame2 dengan Pitek dan Surya. Sapa Surya? Surya adalah cewek. Gue tekankan sekali lagi ya Surya itu cewek bukan seorang lelaki apalagi rokok. Dia banyak membantu dan mengenalkan kita dengan hal2 baru yang kita temui disana. 

Sebelumnya, yayasan di kampus itu kek penjara aja buat gue. Mo ngapa2in susah. Pengen dengar headset gak bisa karena signal sulit terdeteksi. Kadang tiba2 ada, kadang juga tiba2 ilang. Mirip gue lah. Pas dapet siaran radionya, pinggang malah encok. Pengen nonton, tipinya gak nyala. Jangankan nonton tipi, yang ada kita nih yang masuk di cctv. Kalo telat datang, siap2 aja digosipin sampe matahari terbenam. 

What about kerjaan? Gue kek abis jatuh dari juram trus kesasar ke kapal mauna loa. Yiak itu yang gue rasain. Tadinya gue di fakultas kek anak hiperaktif yang kadang bisa saja langsung naek di kursi ato manjat lemari simpan buku. Di yayasan gue malah kek anak bloon yang gak tau harus ngapain. Gue dateng. Duduk. Diem. Liatin orang mondar mandir dan tentunya merhatiin jam dinding seraya berkata dalam hati JARUM JAMNYA KOK GAK JALAN2 YAK. Satu jam serasa sehari aja gitu loh. Lamaaa banget. Capek liat jam dinding, kita yang tatap2an. Capek tatap2an lanjut lagi tuh bukain buku oriflame yang ada di meja. Gak tau deh tuh buku udah kita baca berapa kali. Begitu juga berapa kali kita menggosokkan tangan ke lembaran yang ada parfumnya. Paling langka pas mainin kaki seribu yang secara mejik tiba2 ada dekat meja. Pitek dan Ipek sampe yang histeris gitu nanggapinnya. Training disana ternyata tidak semengerikan yang gue bayangkan sebelumnya.

Paling seru kalo pas makan pagi, langganannya di warung gorengan. Jadi kalo udah 8.30-an pasti kita nongkrongnya disana, makan ubi pisang goreng. Sesekali gantian makan ikan bandeng masak. Kalo tiba pas waktu shalat, pelarian paling masuk di akal adalah ke masjid belakang yayasan. Shalat dhuhur pukul 12.15 kembalinya setelah tidur siang. Paling menyeramkan pas ownernya tiba, staf yang tadinya malas2an tiba2 langsung mendadak rajin dan kutu buku. Orang yang tadinya tidur2an secara mengejutkan langsung push up. Huehueh. Ya gak gitu juga kali.

Hari demi hari kita lalui bareng2. Satu per satu anak2 baru dimutasi sebagai spy-derman di fakultas2. Kami berempat masih bertahan. Masih sama2, foto2 iseng, beli cemilan atau sekedar keluar masuk irup udara segar. Soalnya anak2 disana kalo ada yang bau2nya aneh pasti semuanya pada kabur keluar. Pernah sekali ada mahasiswa yang nyariin refrensinya lamaaa banget depan meja fo, gue yang gak tau apa2 mendapati kantor tiba2 hening dan sunyi. Pas gue keluar, bertanyalah gue ke Fahrul.

Gue : Kenapa keluar semua orang?
Fahrul : Ih ndak kita ciumkah kak itu bau di dalam?
Anak2 Yang Lain : *muntah2*
Gue : Bau apa?
Fahrul : Baunya itu mahasiswa di depanta
Gue : Tidak
Pak Gairah : HUAHAHAHAHA

APA ???

Jadi anak2 pada berlari keluar kantor, sampe ada yang hampir muntah darah keluar kata2 menjijikkan gara2 MAHASISWA YANG DUDUK DI DEPAN GUE.

Mahasiswa depan gue katanya bau dan gue sama sekali nggak mencium baunya?


Perfect.

Pantesan tuh pengharum ruangan tiba2 rusak semua, gak ada yang berfungsi. Si Fahrul sampe2 harus makan di ruang makan, dan itu tidak seperti biasanya. Entahlah apa yang terjadi. Idung gue seperti mati rasa. Gak bisa lagi membedakan mana yang baunya enak, mana yang baunya gak enak. Bahkan ada anak yayasan yang sampe ketawa2 sambil geleng2 mukul2 pahanya mengeluarkan tawanya sampe serak. 

Gue pun terkenal sebagai manusia perkasa terhadap bau tak sedap. Menjadi terkenal dengan cara seperti ini sangatlah tidak mengenakkan. Setelah kejadian parah itu, semua berjalan lagi sebagaimana mestinya. Pertanyaan yang selalu muncul ketiga berada di yayasan adalah :

BAKAL DIMUTASI KEMANA YA KITA?

Setelah menjalankan rutinitas yang sangat memboringkan di dunia, keputusan itu pun datang setelah kita genap 1 bulan 8 hari berkecamuk dengan dinding dan pintu kaca disana. Kita berempat di mutasi ke bank indonesia timur sebagai staf training yayasan.

Continued soon...

***

Sekedar pengingat : kfc sekarang banyak yang gak bisa dipercaya.

No comments:

Post a Comment