Thursday, November 27, 2014

Reminiscence of My Job (Part 3)

Tadi pagi gue sama nyokap bokap terapi matahari pagi gitu di teras depan. Soalnya akhir2 ini gue suka ngalamin yang namanya kecapean. Entah karena terlalu sering nonton running man ataukah kurang tidur. Tadi pagi aja pas beresin kasur, gue gak sengaja injak laptopnya Isna. Untung laptopnya kaga napa2. Abis olahraga dikit kita cerita2 di ruang tamu.

Isna bilang kalo nyokap tadi malam mimpi sampe ngigo2 gitu. Katanya gini, RIDU AMBILKI ITU. Begitu juga dengan beberapa waktu lalu, nyokap ngigo sampe bilang PUKULKI ITU KUCINGA pas gue tanya kenapa katanya sih ada kucing mo ambil ikan di dapur. Setelah itu nyokap tidur lagi. Bokap sih lain lagi kalo ngigo, nyokap pernah cerita waktu itu bokap bilang INI TAMBAH INI BERAPA? atau X KUADRAT TAMBAH X SAMA DENGAN?. 

Jangan tanyain gue dan sodara2 gue kalo mimpi gimana. Kalo mimpinya itu lucu, kita bisa sampe ketawa tapi kalo sedih bisa sampe nangis. Aneh itu kalo gue mimpinya lucu trus gue nangis. Tadi aja baru ketemu bantal, tidur deh. Gue sendiri gak nyadar tidur jam berapa tadi yang jelas gue sampe bangun pukul 10.30, langsung deh seger jiwa raga.

Seperti itulah kejadian di rumah gue.

Well, ini adalah akhir dari cerita "reminiscence" bersambung gue beberapa waktu yang lalu. Pengennya sih bikin komik perjalanannya biar lebih seru. Jadi dua hari yang lalu gue sempat browsing2 gimana cara bikin "komik". Karena terlalu ribet akhirnya gue urungkan dulu niatnya. Hekhek. Entar kalo udah jadi pasti diupload. Do'ain yak.

***
Maret 2013...

Gue, Pitek, Ipek dan Fahrul nyampe di BIT. Tempat baru buat kita berempat. Tempatnya lebih luas daripada waktu di yayasan. Kita berempat main bola pun mungkin bisa disini. Hal pertama kali kita lakukan adalah berkenalan. Disana gue mule mengenal bosnya, orang2 di cs dan teller. Orang2nya baik. Kita disambut penuh kehangatan dan rasa persaudaraan. Kerjaan kita selama beberapa bulan adalah membukukan slip yang siap dikirim ke yayasan. 

Tiap hari kerjaan kita cuman menyusun slip2 yang sudah divalidasi, disusun, dihitung, dibukukan lalu direkapitulasi. Begitu buku, pulpen dan tipex nya habis cukup bkin permintaan ke yayasan, barang2 yang kita butuhkan pun langsung ada.

Sebulan kita beradaptasi dengan orang2 baru. Sebulan itu juga kita berusaha melaksanakan peraturan yang ada. Dua bulan berlangsung adalah waktu maksimal berada di suatu tempat. Kita berempat sudah tau kerjaan kita masing2. Karena kerjaan yang banyak itulah kita sendiri lupa waktu sampe2 dua bulan hanya terasa seperti seminggu. 

Panggilan untuk piket di bagian pendaftaran pun masuk ke bank. Sebulan berlalu semua baik2 saja. Bulan pertama adalah awal gue mengenal orang2 baru dari berbagai fakultas. Dua bulan berlalu, sifat asli mule terbongkar. Tiga bulan berlalu, kita mencoba peruntungan sendiri2 dengan bersolo karir. Kadang2 juga kita berduet karir. Gue sama Pitek. Fahrul sama Ipek. Memasuki bulan keempat kita pun perang dingin meski dalam hati masih tetap membutuhkan satu sama lain. Masing2 dari kita sibuk urus keperluan mahasiswa meski sesekali harus bolak balik pendaftaran dan bank. 

Pernah sekali waktu musim pembayaran maba, mahasiswa membludak sampe tangga depan dan parkiran depan penuh. Jadi kalo kita tiba2 dipanggil bantuin teller mo gak mau harus berjuang masuk di bank melewati mahasiswa2 yang numpuk. Semua bau menyatu jadi satu disana. Dalam situasi seperti ini, seseorang gak bakal nyadar dia lewat dibawa keteknya siapa. Gue sendiri gak tau lagi bau apa yang idung gue hirup. Gue sulit membedakan mana bau parfum, keringat ama bau kaos kaki. Bulan itu adalah masa2 paceklik di bank. Saat dimana orang disana benar2 butuh bantuan. Justru itu pas kita masuk bantuin mereka, orang2 disana serasa mendapat 1000 pasukan penolong. Huehhe.

Awal september pendaftaran ditutup dan kita kembali lagi ke bank. Kita menjalankan rutinitas seperti biasa dan sesekali izin keluar urus keperluan mahasiswa.

***
Satu hal yang gue sadari selama berada disana bahwa orang2 disana selalu menjunjung tinggi yang namanya kebersamaan. Contoh, kalo ada yang mau makan bakso pasti yang lain juga ikutan beli. Ada yang beli bedcover, semua2nya pasti ikut beli kecuali gue, Fahrul dan si satpam. Begitu juga dengan tupperware. Beda halnya kalo ada yang ngadain miladnya, gak mungkin dong yang lain ikutan ngerayain miladnya juga.

Kebersamaan yang menyenangkan. Sampe akhirnya satu per satu meninggalkan bank dengan prinsipnya masing2. Akhir 2013, setidaknya ada dua orang yang resign. Mule dari Siti lalu disusul oleh kak Ida di bulan berikutnya. Gak lama setelah kejadian itu, kita kedatangan teman baru. Atik namanya. Dia temen gue jalan pulang sampe pertamina. Anaknya juga seru.

Awal bulan di tahun baru, giliran Mimin yang resign. Satu hal yang Atik bilang ke gue waktu itu adalah kalo saya resign kak, ndak moka kek kak Mimin mojaka saya resign baek2. Sekitar sebulan setelah kejadian Mimin si Atik pun resign setelah izin gak masuk kantor sekitar semingguan. Well, setahun kita berempat disana empat orang pun resign dengan waktu yang berbeda2. 

***
Sekitar bulan Februari setelah Pitek dan Fahrul dinobatkan sebagai bagian dari BI gue pun memperlebar sayap biar gak telat datang kantor. Beberapa bulan gue coba akhirnya berhasil. Sampe tim ojk datang absensi gue masih aman. Semuanya berubah setelah 5 hari tim ojk membuat semua orang di bank termasuk gue cenat cenut. Gue yang gak sakit tiba2 kek orang cacingan. Jalan, bicara sampe ketik sms pun sebisa mungkin gue kecilkan. Bicara pun harus nulis di kertas. Untung waktu itu kita gak dapet instruksi kalo nafas pun harus dikecilkan. 

Tiga bulan setelah ojk memporak2-porandakan keteguhan jiwa gue akhirnya gue menjadi labil. Gue suka datang dan pulang seenak jidat. Gue kehilangan arah, tujuan dan cita-cita. Ipek pun ikut2an. Paling parah dia duluan yang memperkenalkan gue pada JAMMA ABSEN DEH TIDAK TONGJI DIPERIKSA. Huhuehue. Akhirnya gue gak absen2 lagi di jam ceklok (bunyinya yang CEK-LOK menyebabkan gue menamai jam absensi itu sebagai jam ceklok).

***
Hari ini tepat seminggu setelah sk penting itu keluar dan tepat seminggu ini juga gue pamitan dari kantor bareng Ipek. Semua kenangan indah bersama orang2 di kantor teringat pas gue pamitan sama kak Anti. Disusul kak Mega dan kak Lis. It's very emotional moment. I can't control my self. Air mata gue tumpah ruah. Pamit sama mbak Yanti juga. Terkakhir Pitek yang disaksiin langsung sama kak Lia di ruang makan. 

Saking sedihnya gue lupa nanyain Mami sama mbak Indri. Satu dua sampe tiga hari sedihnya masih sama. Sebelum dan saat bangun tidur sampe masuk wc pun sedihnya masih kebawa2. Ini kecepetan dari target yang gue tentukan. Donlotan belum selesai, paket ngajar belum kelar.

Gue sedih bukan karena gue gak kerja lagi disana, tapi karena gue berpisah sama hal2 yang bikin gue betah disana. Bukan kantor dan kerjaannya tapi wifi dan teman2 yang sudah gue anggap sodara sendiri, karena terkadang kita memilih untuk bertahan demi amanah bukan demi sebuah eksistensi. 

Sehari sebelum kejadian itu gue berniat untuk menjahit tas salempang gue yang udah mo putus siangnya. Soalnya kalo bilang ke bokap paling bokap nanggapinnya kek SINIMI NAK TAS MU MASIH BISAJI ITU DIJAHIT. Huhuhu.

Sorenya tas gue tiba2 putus depan alaska pengayoman. Malamnya dapat sms dari Ipek tentang sk itu dan semua firasat yang kemarin2 muncul semua. Satu kenyataan yang gue dapati setelah Fahrul gak masuk 2 bulan adalah dia ternyata udah resign duluan. 

Just a feeling kata Maroon 5

Just a feeling, i can't believe that is over...

No comments:

Post a Comment