Saturday, November 22, 2014

Reminiscence of My Job

Semenjak nyokap sakit 2 minggu lalu, gue selalu berfikir untuk resign secepatnya. Gue kerja juga sering gak fokus. Setiap hari rabu dan kamis gue gak masuk dan itu berlangsung selama 2 minggu berturut2. Minggu pertama gue gak masuk karena mata nyokap bengkak. Minggu kedua gue gak masuk karena gue harus jagain nyokap setelah dibawa ke dokter mata di hari selasa sebelumnya. Gue juga gak ngasih kabar ke orang2 di kantor. 

Gue sempat browsing dan ternyata nyokap menderita hordeolum internum. Gue semakin intens bikinin nyokap jus bit, ngasih kompres dan obatin matanya. Apapun gue lakuin buat nyokap. Beli obat walo harus bolak balik ke tiga apotek untuk mendapatkan obat yang benar. Ternyata eye oinment dan eye drop itu beda. Disamping obat dokter, nyokap juga banyak pake obat2 herbal. Sekarang bengkaknya uda mule reda. Semoga nyokap cepat sembuh. Aamiin. Gue rindu shopping bareng nyokap lagi di carefour.

Eniwei, postingan kali ini temanya adalah berkenalan dengan pekerjaan. Karena perjalanan kerjaan gue yang berlika-liku maka gue bakalan bikin sequelnya. Jadi yang gak suka cerita panjang gue sarankan agar get out from here... Hehe.

Langsung aja ya.

Yuk flashback ke tiga taun lalu. Saat dimana gue belum menghasilkan duit dan kerja sebagaimana orang lain pada umumnya bekerja di kantor. Selama ini gue gak pernah membayangkan suatu hari gue bakal kerja. Apalagi di tempat bernama kampus. Seperti yang dulu gue lakukan di fakultas, berangkat pagi pulang sore. Sampe rumah siapin lagi berkas2 untuk keesokan harinya sampe malam. Begitu juga waktu di yayasan terakhir di bank milik kampus.

***

Oktober 2011...

Pertama kali kerja di fakultas gue seperti terlahir dengan memiliki dunia sendiri. Gue datang dan pulang. Gue kerja. Gue diem. Dengar headset. Udah. Sometimes music makes me calm. Gue gak peduli orang lain mo ngapain. Orang mo jungkir balik depan fakultas pun gue gak peduli. Hari berganti hari, gue pun mule berinteraksi sama yang lain setelah tau gue gak bisa idup tanpa mereka. Gue ngomong pun itu kalo ada yang penting2 aja, contoh kalo lagi nyuruh mahasiswa. 

BELIKANGA DULUE LOMBOK BELIMBING !

Beberapa menit kemudian sambelnya udah ada atau pas gue mo pulang.

BUNDA NEBENG DULUE PULANG...

Eh tauk2 gue udah ada depan lorong menuju rumah gue. Begitu deh seterusnya budaya nebeng mule dilestarikan, dipupuk dan dikembangbiakkan.

Gue masih ingat gaji pertama gue waktu itu. Gue dapet 250ribu yang pas sampe rumah langsung gue serahin ke nyokap disaksiin bokap. Gue menjalani hidup dengan sangat sederhana. Membayar angkot pun dulu masih 2.500 satu kali berangkat jauh dekat. Kalo disuruh nambah mungkin gue gak bakal dengar, soalnya gue pake headset. Teknik paling jitu mengelabui supet. Kalo udah pake headset mah, bolot ya bolot aja. Sampe ke urusan hidup yang paling sederhana. Apakah itu? makan sambel pake nasi atau lombok pake siomay. Ini mah suka banget. Sampe rumah sakit perut. Hueh.

Kerjaan paporit gue selain jajan adalah ketawain mahasiswa ampe gigi gue yang kadang berubah warna ini menjadi kering kerontang. Kalo ada waktu kadang gue juga main dikosannya si Murni junior gue, apalagi coba kalo bukan untuk numpang makan. Sesuai motto idup yang gue pegang waktu itu : makan rame2 itu asik apalagi gratis. Tiba giliran dia yang main ke fakultas...

Murni : Acik siniko dulue cerita2ki di luar
Gue : Ayok deh
Rahma : Ih janganki kak Murni ndak bisami keluar2 kak Acik
Murni : Ih kenapakah?
Rahma : Hehehe, banyak kerjaannya kak di fakultas

Murni pun mule mengerti. Dia ngasih gue ruang untuk berkarya. Pernah juga dia bawaiin gue coklat momogi abis aja loh gue makan 2 bungkus. 

***

Hal yang paling tersave dalam ingatan pas gue main sama Rahma di kosannya. Jaman dimana henpon gue cuma bisa pake satu kartu. Gue lupa dalam rangka apa gue sama Rahma tukaran kartu sim. Gue keluarin kartu sim dari henpon gue. Lalu gue pegang. Kartu sim yang dari Rahma gue ambil dan gue genggam bersamaan kartu sim yang baru gue keluarkan dari dalam henpon gue. Kedua-duanya adalah kartu As. Warnanya merah cuma kode numbernya aja yang beda. Pertanyaannya kemudian adalah :

SIM CARD GUE YANG MANA ???

Huahahahah... suara Rahma bergema di dalam kosannya Murni. Dia beranggapan kalo semua orang yang sudah melewati jenjang S2 itu pinternya di atas rata2. 

Bulan berganti bulan, gue ditunjuk jadi asdos oleh sang dekan untuk kali pertama. Gue ngajar sesuai basic keilmuan gue. Gue mule ngajar Ilmu Kesehatan Masyarakat. The other experience. Pas masuk kelas, gue malah dikirain mahasiswa *tepok jidat*. Bukan karena muka gue baby face, tapi karena pakaian gue mirip dengan pakaian mahasiswa.

Delapan bulan berlalu setelah kedatangan gue, pak Dekan merekrut Pitek sebagai bagian dari fakultas. Gue ikutan bahagia. Fakultas yang tadinya sunyi menjadi rame. Ditambah kehadiran Watik dan Mangin dari yayasan. Disusul oleh Ipek dan terakhir adalah Fahrul. Hubungan gue sama Pitek mule semakin akrab ketika gue jatuh cinta sama payungnya. Payung korea. Payung yang transparan itu loh dan cuma kita berdua yang punya payung gituan di kampus. I owe you one, Pitek.

Setahun berakhir semua masih berjalan baik2 aja. Sampe akhirnya sistem perpolitikan di kampus menjadi labil seolah balik ke jaman penggulingan Soeharto dulu. Banyak yang gak setuju dengan kebijakan2 yang ada. Mahasiswa demo depan fakultas pake toak. Gue budeg, denger headset pun gak ngefek. Mo pipis atau keluar fakultas aja gue harus bilang dulu ke mahasiswa : WE SANA2 KO MAUKA KELUAR. Untung pas mereka demo gue gak sampe bilang ke mahasiswa yang pegang toak : WOE BELIKANGA DULU AIR AQUA.

Setelah 1 tahun 3 bulan berkecamuk dengan kertas, laptop, tinta printer, tetesan keringat, daki dan bau ketek di sana gue, Pitek, Ipek dan Fahrul dimutasi ke yayasan.

To be continued...

***
Oh iya tadi baru ingat juga kalo nyokap sama Adi pernah salah ambil obat tetes mata di kulkas waktu masih tinggal di kompleks Catalya. Alih2 ngirain tuh obat tetes mata padahal itu trace mineral hanya gara2 botolnya mirip. Langsung deh penglihatan sejernih air. Wehehe.

No comments:

Post a Comment