Tuesday, December 30, 2014

Keluarga Baru

Kalo lagi malas kerja apa2 di rumah obrolan ini paling sering muncul :

Gue : Paling enak mantongmi itu makan sama duduk2
Nyokap : Iyo, betul tawwa nabilang Besse (anak bimbingan bokap)
Gue : *tidur lagi*

Atau kalo lagi bersantai bareng nyokap :

Gue : Mak, mauku kauwe kembali jadi bayi
Nyokap : Kapanko besar kalo jadi bayi terusko
Gue : Karena enaki, ituji nabikin pipis, beol trus tidur ndak ada pusinna
Nyokap : ...

Begitulah sedikit contoh keakraban gue bareng nyokap. 

***
Genap sudah 30 tahun nyokap bokap rindu tangisan bayi di rumah sampe akhirnya hari Rabu lalu hampir seisi rumah anterin kakak gue si Asma ke RSIA Bahagia sekitar pukul 06.30 pagi. Semua berawal dari kak Asma yang bangun subuhnya sekitaran 04.30 waktu jam dinding rumah masuk ke kamar, trus bilang ke nyokap "Mak kenapa kek banyakmi keluar air di celanaku". Kita semua kembali heboh. Gue langsung sit up. Semua barang keperluan masuk rumah sakit dikemas.

Selamat sampe tujuan dengan nek angkot, paginya kak Asma masih jalan2 karena pembukaannya masih di pembukaan satu. Gue sama Isna masing2 sibuk makan nasi kuning di ruang tunggu. Siangnya mule dilakukan induksi persalinan. Sejak diinduksi, gejala untuk merangsang bayi lahir mule terasa. Sore berlalu, malam pun tiba pembukaan masih di angka satu. Nyokap, bokap dan suaminya pusing. Gue kehilangan akal. Kalo sampe pukul 21.00 peningkatan pembukaannya terhenti jalan lain harus ditempuh. Gue kehilangan arah. 

Berbagai cara ditempuh (padahal cuman menempuh 2 cara). Mule dari air yang ditiup2 oleh kakak Pandi sampe nyuruh Kim Bong Kok ambil daun kelor untuk dioleskan ke perut kak Asma and guess what? dia dapet daun kelor di sekitar rumah sakit. Ada loh, daun kelornya pun dikasih gratis sama satpamnya.

Disaat2 seperti inilah seseorang baru nyadar kalo berdo'a adalah yang terpenting. Sepulang dari musollah bareng tanta Isa sekitaran 21.00 pembukaan meningkat ke pembukaan 2-3. Harapan untuk lahir normal semakin di depan mata (padahal masih harus menunggu 7 pembukaan susulan). Nyokap bokap masih nunggu di depan kamar bersalin. Pukul 01.00 subuh mereka pulang diantar sama Kim Bong Kok dan suaminya. Ngeliat kak Asma di tempat tidur dalam kamar bersalin bikin gue gak bisa tidur nyenyak. Gue tidur semenit aja sudah sukur. Sedikit2 kakak gue minta dipijitin. Kak Zul, suaminya sesekali ngasih motivasi disampingnya. Tanta Isa juga, walopun sesekali dia nyolong tidur di ranjang bersalin yang satunya lagi.

Ngejagain sodara mo ngelahirin itu kek jagain bayi biar gak jatoh dari ranjang. Malam yang tiap jamnya serasa sebulan akhirnya berlalu subuh pun tiba, tapi sakit yang dirasain kakak gue semakin menjadi2. Pukul 06.00 pembukaan meningkat lagi ke pembukaan empat. What next? pembukaannya stag sampe situ. Kakak gue gak bisa nahan sakit terlalu lama lagi. Gue cuma bisa natap dia dengan tatapan "Berjuangko untuk anakmu, untuk kau juga !". Hari Kamis tanggal 25 Desember 2014 sekitaran pukul 07.30, setelah didiskusikan bersama, keputusan terbaik pun diambil. Caesar. 

Masuk ruang op sekitar pukul 09.10 kita semua deg degan. Gue juga. Bau2an aneh dikesampingkan, gue gak tertarik lagi mengkritik bau wc umum di lobi depan rumah sakit. Gue gak napsu lagi untuk ke wc sekedar memenuhi hasrat untuk pup hanya karena mencret melanda. Di dalam hening di lorong ruang op, pukul 09.30 suara mungil tangisan pertama pun terdengar dari arah kamar bayi. Gue mengikuti yang lain berlari ke arah barat dimana suara itu berasal. Dibalik kaca ruangan itu (maaf kalo tulisannya seperti lagi nulis novel, ok lanjut) terlihatlah bayi mungil yang terbalut indah dengan sarung batik warna coklatnya. Menangis sekencang2nya. Disaat itulah "Muh. Fathan Al-Maisan Zhafar Z." bertemu dengan dunia.

Sejam kemudian umminya pun sadar...

*terharu*

Semuanya berjalan lancar sayangnya suster dan bidannya tidak memberikan pelayanan prima. Mereka punya pendidikan tapi sayang tidak punya etika. Sebelum meninggalkan rumah sakit 3 hari setelah proses melahirkan itu, gue dan nyokap muntah tepat di depan meja ners station lt.2, rasa muak selama 4 hari disana pecah juga. Lega? belum just because we missed another suspect.

Well, gak kerasa ya kemarin gue tepat setaon nulis di blog. Masih lucu2nya lah, selucu ponakan gue sekarang. Heheh. Maklum masih newbie dalam dunia blog. About SEO aja gue gak ngerti, about template dan coding? gue juga belum ngerti2 amat. So, gue cuma butuh waktu aja untuk banyak belajar bukan bermain.

No comments:

Post a Comment