Saturday, February 28, 2015

Anak Sekolah Masa Gitu

Yep, genap seminggu ini gue ke sekolah. Kelengkapan pembaharuan data guru dan staf pun so far so good lah ya setidaknya udah 55% yang terkumpul. Untuk siswa, gue serahin semua tanggung jawabnya ke wali2 kelas. 

Capek juga ternyata jadi mediator antara kepsek sama guru2. Berasa kek jaman pra sejarah gitu. Seolah gue operator pager yang kalo si A mo ngomong ke si B harus lewat gue dulu. Huhuhu. Tapi pas inget kalo ada program belum jalan, makan pun terasa gak enak. Huft, andekan semua jajaran di sekolah berfikirnya seperti ini *natap langit2 kamar*.

Menjadi bagian dari sekolah adalah sesuatu yang baru buat gue. Baru berapa bulan itu? oh yap baru 2 bulan ini. Nah, kemarin kan udah pernah juga ngerasain gimana kalo ada di kampus. Gimana kalo lagi di tengah2 mahasiswa. Gimana kalo bicara sama mereka. Dan ternyata sodara2ku sekalian rasanya tuh beda banget kalo lagi ada di tengah siswa2 di sekolah.

Di kampus gue gak bakal nemuin mahasiswa yang pas kita mo masuk kantor ada yang main bola di tengah lapangan. Di kampus gue enjoy2 aja. Tapi pas mengunjungi suatu tempat bernama "sekolah" semua persepsi itu menjadi sesuatu yang baru.

Gue kalo nyampe sekolah, kalo gak disamperin pake cium tangan di jidat palingan disenggol dikit ama bola. Saking rindunya mereka sama yang namanya lapangan sepakbola, pernah sekali bolanya kena kaca rumah bangunan di sebelahnya. Hingga laporan guru2 sampe di yayasan.

Ah anak2 sih pada banna'2 semua.

Anak2, kalo gak ditanamkan pendidikan akhlak yang baik jadinya bisa kek ayam yang induknya ilang. Bergelantungan kemana2 misalnya ato merayap kemana2 misalnya. Persis kek hari Jum'at kemarin. 

Pas gue dateng ada sebiji anak kelas 3 SMA udah depan pagar. Pas turun dari angkot hal pertama yang terlintas di pikiran gue adalah GILE TUH SARAH BARU JAM 10 MO KEMANA YAK?

Perlu digarisbawahi guys kalo kejadiannya itu JAM 10 PAGI. Inget JAM 10 PAGI. Hal yang waktu gue sekolah menjadi sesuatu yang tabu untuk dilakukan. Waktu sekolah gue mo fotokopi aja itu dicegat ama satpam sekolah. Ya gimana kalo mo kabur kek gini coba. Mungkin gue udah dikejar2 trus ditabokin buku mungkin dari belakang.

Info yang gue dengar waktu itu sih karena gurunya sakit. Okeh, gue maklumin. 

Pas mo nyampe tengah lapangan, terlihatlah si Mirna yang notabene sepupu gue dan temen2nya uda pake jaket, megang tas dan hohoho mereka pada mo kabur semua. Oh Tuhaaan... kalo kita beneran ada di lapangan sepakbola mungkin gue udah keluarin kartu kuning.

Gue ngasih laporan ke wali kelasnya dan sang ibu wali kelas cuma bisa menjerit. Gue merhatiin tuh wali kelas nyamperin anak walinya ke kelas and guess what? apa yang terjadi sodara2? anak walinya malah ngajakin si wali kelasnya ini groufie. Jiahhh.

Hancurlah peradaban guru dan anak sekolahnya.

Sekarang anak sekolah udah kek mahasiswa. Gak ada dosen pulang, gak ada guru ya pulang. Anak sekolah masa gitu?

Disini saya kadang merasa sedih (lho?).

Beberapa waktu yang lalu gue juga udah memperbaharui data siswa sesuai absen masing2 kelas. Pas ngecek absen kelas 3 SMA, ternyata namanya Sarah itu gak ada. Nah, lo.

Sempat sih waktu mo ngasih buklet ke dia, gue nanya :
Gue : Sarah, yang mana itu temanmu namanya Cristallino?
Sarah : Sayami
Gue : ...

(tingkat penasaran yang berlanjut sejak mo ikut my movement)

Gue telusuri lagi lewat chat bareng grup guru dan staf sekolah, disitulah gue menemukan pencerahan. Sarah Nurul Fadilah hanya sekedar nama fesbuk yang begitu tenar di mata temen2nya di sekolah. Sarah yang menurut pengakuan salah satu staf sekolah adalah nama ketika dia hijrah menjadi seorang muallaf. Sarah hanyalah nama yang dikenal sebagai "Sarah" bukan "Cristallino".

Dan gue, terlalu bodoh menyikapi hal itu.

Kenapa?

Karena awalnya gue mikir Cristallino dan Sarah adalah dua orang yang berbeda.

No comments:

Post a Comment