Monday, March 17, 2014

Nimbang Majalah Bisa Tekor

Akhirnya setelah hampir cukup seminggu buku The Greatest Design karya Zaynur Ridwan akhirnya selese juga gue baca. Isinya keren.gak sabar nyebrang ke buku kedua dan ketiganya lagi.

By the way, minggu kemaren gue, bokap dan nyokap ke PHI. Biasa menghadiri kondangan. Tujuan utama selain makan siang adalah ngambil suvenirnya. Hehe, ya kagaklah. Jadi kemarin itu niatannya menghadiri 4 kondangan 3 siang 1 malam.tapi yang terlaksana cuma 1. Huhuhu. Kenyang sih tapi sedih juga gak bisa hadir di walimahannya kak rahma. Walopun kakak gue jadi panitia dan adek gue pergi kesana sebagai tamu tidak membuat gue cukup berani untuk datang sendirian. Pergi sendiri dan tidak dikenal oleh siapa2 disana akan jauh terasa lebih lucu. Disamping muka gue kadang disamain sama peminta2 sumbangan gue juga kadang disangka gembel milenium. Jadi gak elitlah rasanya kalo pas masuk di acara kondangan tamu2 yang lain malah bilang "tempatmu di lampu merah, bukan disini nak...". Kan gue jadinya malas juga.


Nyokap adalah orang pertama yang sering ngoreksi pakean gue kalo mo kemana2. Mule dari baju, tas sampe sepatu apa yang gue pake. Recap kemaren waktu nek angkot ke PHI...


Nyokap : Liakka bede sepatumu

Gue : Sepatuna ji Ya'ma ku pake mak nda ada lain
Nyokap : HUAHAHAHAHA KODONG ANAKKU KENAPA KAYAK GEMBEL KO
Gue : ...

Pas gue liat ke bawah, terlihatlah tali sandal sepatu yang gue pake itu sudah hampir putus. Huhuhu.


Sekali lagi buat kak Rahma barakallahu fiq semoga samawa :)


So, kabar seminggu ini di luar dugaan. Awal minggu kemaren gue gak dapet lagi jadwal untuk ngisi materi di kelas fkm untuk semester genap ini. Entahlah tapi dari kabar yang gue dengar secara sepihak ada yang ngira kalo gue ini dari jurusan Psikologi. Bukannya mo nyombong ya tapi emang sih secara kasat mata muka gue emang rada mirip2 sama psikolog. Hahay. Makasih. Makasih. 


Selasa kemaren gue dikejutkan dengan kabar dari si isna yang bilang kalo sebenarnya Sinchan itu sudah meninggal. Sebagai manusia yang masih suka nonton pelem2 kartun jadul gue cukup kaget dong. Trus dia bilang kek gini "weh itu sinchan sebenanrnya meninggalmi, ditabraki mobil". Gue ikut sedih, bukan karena sinchan meninggal tapi karena gue bingung aja. Kok makin kesini gue ngerasa gue dengan mudahnya diboongin sama nyokapnya Sinchan kalo Sinchan itu masih hidup. Jadi intinya kolega2ku yang budiman YANG GUE NONTON SELAMA INI TENTANG SINCHAN DI TIVI2 HANYALAH KHAYALAN DARI NYOKAPNYA. Cik Acik geblek lu.


Btw, seminggu ini kerjaan gue di kantor berkutat pada 5 hal yaitu dateng pagi, nulis slip2, makan/ngemil sembunyi2, baca buku dan ngumpulin majalah yang gak terpake lagi. Walhasil gue langsung doyan sama yang namanya "cemilan". Pas sabtu kemarin ngemil sambil cerita eh ditegor sama kak Lis gara2 gue makan bagea' di penutup toples. Bagi sebagian orang, mereka cukup percaya mitos2 kalo makan di toples itu gak baek. Buat gue sendiri, banyak hal yang sama sekali gue gak ngerti. Termasuk pas liat ada anak kecil dengan usia sekitar 2,5 tahun dengan rambut diikat satu, putih, gendut2, pake baju kaos warna kuning, celana kaos panjang dan bersepatu yang dengan lucunya jalan sendiri masuk di bank. Sempat sih gue mikir "JALANNYA KOK MIRIP GUE, SUKA NABRAK2 DINDING". Baru juga gue mo ngejar eh uda digendong orang. Huhuhu.


Ngomong2 tentang anak kecil gue jadi inget sama Nezer anaknya kak Lis yang umurnya belon genap setaon. Nah, beberapa hari yang lalu waktu kak Lis cerita katanya sih Nezer lagi doyan2nya bangunin dia jam2 3 ato stengah 4 subuh. Pernah malah waktu itu kak Lis cerita kalo Nezer bangun jam 3 subuh timpukin dia dot. Pas dia bangun eh Nezer malah ketawa2 gituh. Trus selasa kemarin dia cerita lagi kalo malemnya jam 3 subuh si Nezer bangun lagi dan lemparin dia pake tisu basah. Gue mah cuma bilang ke kak Lis "nasuruhki itu Nezer bangun shalat tahajjud kakak". Paling parah rabu kemaren dia bilang Nezer bangun setengah 4 subuh pas bangun si Nezer uda di depan wc. Ya ampyuuun. Kebayang aja besoknya Nezer uda berenang2 di kolam. Mhuwehehe.

Lain ilalang lain pula belalang. Lain Nezer lain juga gue. Kalo Nezer punya kebiasaan bangun subuh. Gue juga punya beberapa kebiasaan yang hampir sebulan ini gue jalankan. Yep nyetel alarm jam 3 subuh di henpon. Abis itu bangun, liat jam abis itu tidur lagi. Nah, itu kebiasaan di rumah. Kalo kebiasaan lain yang sering gue lakuin waktu masih di fkm selain make baju kaos, make sendal jepit dan nimbang kertas adalah minum air di gelas, masa di galon.


Satu hal yang mungkin jadi alternatif untuk mempermudah seseorang menghitung kertas adalah membasahi tangan dengan air. Gue milih gelas sebagai wadah yang menurut gue multifungsi. Sampe akhirnya beberapa hari yang lalu Pitek ngenalin gue sama satu benda yang dia ambil dan sampe saat ini namanya gue gak tau. Kali ini gue mencoba mendeskripsikannya sebagai suatu wadah berukuran kecil, bulat2 warna merah isinya kek semacam spon2 gituh. Itu loh yang kalo kita tuang air ke sponnya airnya bisa nyerap. Biasa dipake teller2 di bank. Nah, waktu itu Pitek bilang "dikasiki air kak Acik, tapi itu Jun kawe di fakultas Hukum airnya toh nasimpanki di piring". Si Pitek mah gak tau aja kalo gue waktu di fkm pake gelas. Hehe.


Alternatif lain disarankan oleh kak Yus senior di fkm yang pernah bilang "pake lakbanko Cik kalo moko cepat hitung". Iya sih manjur, tapi kadang gue masih suka jilatin jari gue sendiri padahal jari gue uda dilakban. Huft. Setidaknya gue cukup jenius untuk gak minum aer di gelas bekas kobokan tangan gue sendiri.

Soal kertas, mule awal pekan kemarin gue mule rajin ngumpulin majalah bekas ato kertas2 untuk ditimbang. Soalnya di kantor udah banyak banget loh kertas2 bekas yang uda gak digunain sebagaimana mestinya. Contoh, kalo abis numpain air nyarinya kertas untuk lap meja. Untung teman2 di kantor sudah berpikir gak primitif untuk ngupil ato bersihin telinga pake kertas. Termasuk gue. Muewhewhe.

Kesempatan langka yang paling kaga gue dapetin sekali ato dua kali setaon itu pun terlaksana pas Sabtu kemaren waktu pulang kantor. Sebenarnya kebiasaan nimbang kertas ini sudah ada sejak gue masih di fkm dulu. Pernah sekali gue timbang kertas2 yang uda gak dipake mahasiswa. Pas ditimbang eh dapet Rp 50.000,- huahahaha lumayanlah bisa dipake buka puasa waktu itu di Sabute Boulevard setidaknya itu cukup buat beli cawan mushi dan segelas jus sirsak.

Berbekal nekat dan mimpi melihat kantor jauh lebih baik akhirnya mo gak mau gue harus timbang tuh majalah2. Gue berangkat nek bentor. Dilepas oleh Ipek dan disaksiin sama kakak2 di kantor yang baru saja naek ke yaris merahnya mbak Yanti. Pertanyaan yang muncul di kepala gue waktu itu adalah "KIRA2 TUH KAKAK2 DI ATAS MOBIL BILANG APA YAH?". Huahaha.


Setelah melewati jalan sekitaran Hertasning dan belok sebelum Adyaksa akhirnya gue sampe di tempat penimbangan kertas. Karena di lorong kecil itu ada mobil pengangkut dos akhirnya gue ngalah. Jadi tuh 2 dos barang2 gue gotong aja loh dibantuin sama anak kecil. Sampe sono gue tiba2 merasa deg degan dunk. Dalam ati "DAPET BERAPA YA ENTAR?" dag dig dug. Bunga2 kuncup. Sebenernya gue mule merasa gak enak sih pas orang2 disana bilang "aih kalo majalah rendahji harganya dapatnya cuma 200-300 perak satu kilo. itupun sebenarnya tdk diambilji". Buset dah. Ini mah penyiksaan jaman2 jepang belanda menjajah indonesia dan nampaknya sih emang begitu. Pas gue dikasih uangnya gue pun hanya mendapatkan dua lembar duit kertas. Satunya gambar pattimura satunya lagi imam bonjol. Itu artinya gue cuma dapet Rp 6.000,-  oh tidaaaaaaaaaaaaaakkk


Pas nyampe rumah...


Gue : Mamak sudahma pi timbang kertas

Nyokap : Kodong anakku,jadi berapa nudapa'?
Gue : Enam ribu
Nyokap : Nek bentormu berapa?
Gue : Sepuluh ribu
Nyokap : Berhenti moko nak kenapa na kamase2 duduko

Kalo ditranslet ke bahasa gaul kira2 nyokap bilang kek gini "MASIH MAUKO?". Huhuhu. Oke Acik sekarang pelajaran apa yang dapet lo ambil dari kisah kali ini?

No comments:

Post a Comment