Sunday, July 13, 2014

Buka Puasa Bersama Itu Seru Juga Yah?

Pertama-tama mari sejenak kita menundukkan kepala atas sodara2 kita yang ada di Gaza, Palestina, Suriah juga di Burma. Semoga mereka yang jadi korban sampe saat ini ditempatkan di Jannah tertinggi di sisi-Nya. Aamiin. Berharap Islamic Khilafah State segera berdiri kokoh agar ada khalifah yang jadi perisai dan pembela ummat. Mohon maaf atas segala keterbatasan yang cuma bisa diwujudkan melalui iba, air mata, do'a dan harta. 

#PrayForGaza #FreePalestine #Syria #Burma

***
Lanjut yah, tiap kali abis makan sambel pasti ujung2nya berakhir di tempat bernama wc. Itulah indahnya sambel, menyiksa tapi terkadang ngangenin. Entahlah. Gue kadang mikir, apa iya gue udah mule terkoneksi sama yang namanya "makanan". Gue sering merasa dengan adanya makanan idup gue jauh lebih lengkap (iyalah, gak ada makanan sama halnya idup kita di ujung tanduk).

Satu hal yang gue tau, syarat untuk menjadi seorang chef adalah punya koneksi yang baik dengan makanan. Gue seneng masak2, tapi seperti yang kita ketahui bersama tiap kali gue masak pasti hasilnya jauh dari ekspektasi. Tadi pagi gue mencoba menggoreng beberapa terung yang baru dibeli nyokap di tukang sayur yang lewat depan rumah, pas selesai dimasak ya ampun rasanya bikin gue amnesia terus bilang "sapa ini yang masak?". Asin parah. Gue kalo masak itu hasilnya cuma dua bagus ato tidak, hangus ato kaga dan tadi gue harus mengakui kalo terungnya keasinan. Kalo gak hambar ya keasinan. Hebat lu Cik.

Sama kek beberapa hari yang lalu waktu mo buka puasa, gue menggoreng nasi dengan bahan seadanya dan pas gue aduk bareng si Fitrah eh tiba2 gue kek berasa lagi ngaduk dodol garut. Jadi kalo tuh nasi dibikin bola salju pun jadi. Gampang dibentuknya, susah lewat tenggorokannya. Huhuhu. 

***
Kemarin si Isna bilang ke gue "waktumu mo ujian dulu, tidak terbitkanko jurnalkah?". Hah? jurnal? baru deh kepikiran kalo itu harus diterbitkan tapi berhubung CPU komputer gue heng akhirnya tuh data2 gak bisa lagi diselamatkan. It means kalo gue mo nerbitin jurnal gue harus bikin penelitian ulang. Saran dari si Isna seperti "banyakji nah, cobako bede' cari judul tentang makanan yang tahan lama di daerah konflik ato perang seperti di Gaza". 

Oh my god. Adek gue mah enak karena baru mo ngajuin judul, dasar anak komputer apa2 pengen dikomputerisasi. Jangan2 dia juga berhasrat untuk bikin satu alat masak yang otomatis. Jadi kalo orang di rumah mo masak tinggal tekan tombol jadi deh sama halnya kalo gue bisa punya doraemon hmmm. Iya tauk itu gak mungkin tapi setidaknya ada harapan besar jauh di atas sana *liat langit2 di ruang tamu*.

Out off the topic yah...
Empat hari yang lalu, gue bareng anak2 di kantor untuk kali pertama buka puasa di Apong. Well, gue udah mule bisa beradaptasi sama yang namanya makanan di rumah makan umum sebesar Apong. Gue mule bisa makan nasi pake sendok di tangan kanan dan garpu di tangan kiri. Awalnya gue pengen bilang ke kak Lis "kak Lis, ndak apa2ji kalo kukasih naiki kaki ku satu?" karena khawatir setelah bilang begitu gue dibuang ke jalan raya, akhirnya niatan itu gue urungkan. Satu hal yang belum bisa gue lakuin adalah membersihkan gigi didepan umum. Terakhir kali gue melakukan itu waktu ke acara kondangannya kak Idalailah di Bone itupun ditegur sama si Mangin "kak Acik, banyak orang" yang gue jawab dengan datar "Oh, maap" abis itu gue lanjutin lagi. Huehuhue.

Lanjut, jadi waktu itu gue sama Pitek berangkat duluan ke Apong nek bentor sehabis pulang kantor. Sampe sana jam dinding baru menunjuk pukul 16.50-an dan kita ternyata dapet meja 1 tepat setelah kita membuka pintu masuk. Pesanan yang bagus kak Mega. Pas pesen makanannya ternyata kepiting soka-nya udah habis, padahal kita datengnya uda kepagian gimana kalo kita datangnya kesiangan. Gue pun cuma menghabiskan waktu dengan ngutak atik henpon dan melihat2 ibu managernya ngontrol anak buahnya. Percakapan ini pun terjadi bersama Pitek.

Gue : Bosnya mungkin itu dik
Pitek : Managernya itu kak, dia yang kontrolki semua
Gue : Ohh, sangarna muka'na pasti habiski dididik militer itu
Pitek : ...

Melihat ibu managernya kek gituh gue malah pengen kentut. Gak lama kemudian, anak2 yang lain pun sudah tiba. Menu yang kita pesan pun sudah datang. Azan maghrib pun berkumandang. Gue pun mule menjamah makanannya, satu menu yang belum gue coba adalah udang tepungnya dan ternyata dari semua menu yang pernah gue coba di Apong, udangnya ini yang juara. 

Paling heboh pas satu meja yang tepat berada di belakang meja kita mesan satu menu entah itu apaan yang sampe asapnya ngepul di atas mejanya. Kalo gue liat2 sih, tuh satu keluarga blasteran India. Gue yang punya insting siaga tiba2 pengen langsung nyari alat pemadam kebakarannya dimana. Selesai makan, anak2 pada membungkus lauk yang belum abis. Gak mo kalah dengan yang lain, gue pun minta dibungkusin udang tepungnya.

Kak Mega : Ini mas bungkus semua saja
Kak Lis : Pisah aja mas, Acik juga mo bungkus tawwa
Kak Mega : Ooh
Gue : Kita iya kak Mega yang mana?
Kak Mega : Adami Cik

Seru yah, buka puasanya. Seseru pas gue liat billnya dengan harga yang kaga kira-kira Rp520rb-an untuk berenam.

Eniwei, besok gue bakal ikut sama Pitek ke Unhas menghadiri acara program desertasinya pak Basri dosen gue waktu jaman batu lalu. Persiapannya pun udah selesai dari kemarin. Mule dari jas sampe sepatu udah gue pikirkan seperti beberapa waktu yang lalu di kantor.

Gue : Pake sepatu apama bagus itu dik nanti
Pitek : Pake hi heels maki kak
Gue : Ato sepatu kodok2 ma deh
Pitek + Ipek : Huahaha
Pitek : Janganki kakak Acik, namarahiki kak Emma nanti
Ipek : Janganki kak, Unhas inie
Gue : Iya Unhas tapi bukan UI kan (dalam ati)
Pitek : Pake flat maki pale
Gue : Iyo bentarpi deh pas pika shalat tarwih sapa tau adaji bisa kudapat sepatu flat
Semua : *ngakak* (addeh, modusna palukka sapatu beraksi)

Gue mah simpel aja karena disuruhnya pake baju rapi dan jas maka kemarin gue mutusin untuk ke tempat grosiran dekat rumah di pasar segar. Gak mungkin kan gue pake jas bokap yang biasa dipake untuk kasih nikah ke sono.

Setelah lama keliling2 akhirnya dapet juga jas itam di blok 03 harganya Rp100rb jauh dari bentuk jas yang gue idam2kan. Jadi tiap kali tuh jas itam gue pake, gue bakal terlihat seperti donal bebek kalo jalan. Pas sampe rumah gue berniat untuk ngasih jas itu ke adek2 gue utamanya si Isna biar bisa dipake pas ujian tesis nanti soalnya kalo dikasih si Fitrah pasti bakal kekecilan abis. Bak dayung bersambut, si Isna pun bilang "kenapa tong nubeli baru ndak nusukaji?" Yeah, that's right. Gue emang pinter. 

Awalnya sih gue pengen nawar Rp90rb tapi khawatir kejauhan akhirnya spek2 minta Rp100rb. Gue pikir mungkin ibu2nya gak bakalan ngasih, tapi pas gue mo nyari di tempat yang lain eh gue dipanggil juga dan dikasih sesuai harga yang gue minta. Bentar deh kalo gue mo beli lagi gue bakal nawar sampe separuhnya. Satu kunci sukses dalam memenangkan tawar menawar adalah gak kasian sama penjualnya. Karena kadang penjual lebih hebat daripada pembeli. Setidaknya kalo mo suruh jahit jas gue gak bakal susah2 nyari contohnya lagi. 

I'll cu soon...

No comments:

Post a Comment