Monday, July 7, 2014

Hepi Fasting, Masak Yuk !

Baru saja gue bareng nyokap ke syariah mandiri narik uang. Pelajaran yang harus gue inget hari ini adalah kalo mo narik uang di bank ada baiknya membawa KTP karena kadang tellernya gak percayaan. Serius. Karena arahnya hampir satu arah sekalian deh kita berdua nek bentor ke Vivi untuk beli palm suiker, terigu dan pia kacang ijo ole2 khas makassar. Tuh makanan dibeli sebenarnya biar bisa ngetes doang enaknya sampe level berapa. (Buset dah, ini makanan nyet, bukan sambel).

Ngemeng2 soal makanan kemarin adalah hari kedelapan kita semua di rumah berpuasa. Uda seminggu ya. Satu hal yang gue sadari selama berpuasa adalah bau mulut sendiri kadang bisa berubah kek bau naga jadi sesuai kodratnya dimana ada puasa disitu ada yang namanya berbuka dan sahur maka kemarin gue sama kakak sepupu gue ke pasar beli bahan makanan. Emang rada2 gak nyambung.

Satu hal yang sering gue lakuin di rumah kalo lagi libur adalah tidur dan membayangkan bentar bagusnya buka pake makanan apa ya trus minumnya enak yang dingin ato yang panas. Kek beberapa waktu yang lalu waktu ke kantor.

Gue : Tek apa pa'buka nu kau kemaring?
Pitek : Bikin es buah ka saya kakak Acik
Gue : Wih tawwa, moka juga deh

Pas pulang eh gue langsung menggebu2 pulang ke rumah. Gak mo kalah sama Pitek, gue pun bikin es parut apel sirup melon. Alhasil tuh es buah yang gue bikin cuman abis setengah mangkok dan gue lanjutin lagi minumnya pas sahur. Seger sih tapi pas gue suruh adek2 gue cobain dia malah bilang dengan muka jijay "hmmm ndakji deh, makasih. kaumo !". Huft.

Lain halnya kemarin setelah mendiskusikan menu berbuka puasa paginya bareng nyokap dan si Fitrah adek gue dengan diskusi yang cukup alot maka kita putuskan untuk bikin kreasi daeng sup karebosi dengan ikan bandeng bakar sebagai pelengkapnya. Setiap kali gue masak di rumah pasti selalu ada keajaiban yang terjadi. Contoh pas gue bakar ikan kemarin, ikannya langsung gosong dan akhirnya gue menyesal telah membakar tuh ikan 6 potong sekaligus selama nyaris cukup 1 jam. Walhasil pas sahur ikan hasil karya gue itu gue makan lagi dan guess what? ikannya udah kek kayu jati. Keras. Pinter banget deh lu Cik masak2nya.

Paling parah pas percobaan bikin perkedel tempe 3 hari awal2 puasa beberapa waktu yang lalu. Jadi pas mo puasa gue kasih ke nyokap buku resep hemat selama 30 hari ala Ibu Sisca. Pilihannya jatoh ke perkedel tempe. Pas bikin gue sukses meramu step by step sesuai petunjuk yang ada di buku. Satu hal yang gue tau setelah diajarin nyokap adalah putih telur kalo dituang ke terigu yang lebih banyak gak bakalan bisa nyatu, hasilnya bakal jelek abis. Setelah dibantuin nyokap tuh perkedel siap cetak hasilnya bagus sisa finishing touch-nya doang untuk digoreng. Besoknya baru tuh perkedel tempe digoreng. Pas selese digoreng, si Isna nyobain (waktu itu dia belon puasa). Keajaiban pertama pun terjadi.

Isna : Kenapa kek kecutki?
Gue : Iyokah? ndakji itu
Isna : ...

Pas buka puasa, hal pertama yang gue lakuin adalah mematahkan hasil penemuan Isna yang mengatakan kalo perkedel tempenya itu kecut. Pas gue coba, eh iya kecut. Pertanyaannya, kok bisa?

The other brother coming, keajaiban kedua terjadi.

Adi : Anui dik, perkedelnu kecutki
Gue : *masih ngunyah*
Adi : Banyak sekali mungkin jerukna nukasikangi jadi begitui
Gue : Ndakji, makan meko saja. Tambah meko lagi !
Adi : ...

Tumben gue berbagi sama sodara sendiri biasanya nggak. Gue masih menganalisa kata2nya si Adi tadi "BANYAK SEKALI MUNGKIN JERUKNA". 

What? Gue inget2 lagi perasaan pas bikin tuh perkedel gak ada sama sekali jeruk yang gue kasih. Tapi kenapa bisa? Kecut. Ah sumprit, gagal lagi deh masakan gue. Gue kalah, adek2 gue pun menang.

Kemarin, pas nanya ke nyokap "mak, manami itu perkedel tempe di kulkas?" katanya sih uda dibuang karena basi. Huhuhu. Hancurlah reputasi gue sebagai koki rumahan. 

Eniwei, tadi pagi gue tidur 06.00-10.00 loh. Pas bangun, gue cuma bilang "yah gak masuk kantor lagi deh gue". Kecapean, badan pegal2 semua. Kemarin nonton Belanda VS Costa Rica, malah gue yang emosi gara2 Belanda menang. Kabar buruknya kue kering yang tadi gue beli bareng nyokap di Vivi itu ternyata bukan pia kacang ijo tapi kue belinjo dan itu gak sama (geblek kok dipelihara toh cik?). Kabar gembiranya datang pas kursi nyokap yang kayu itu uda selesai dikerja hehe makasih mas ayam panggang. Hepi fasting yah semua :)

Pesan Idup : Berusahalah untuk tetap berprasangka baik sama orang.

No comments:

Post a Comment