Thursday, July 17, 2014

Kueku Sayang, Sumpitku Malang

Kadang gue mikir kalo gue udah cukup tau tentang agama, tapi buktinya gue sama sekali miskin ilmu tentang agama. Waktu SMA sempat ada temen yang nanya gini ke gue : "kalo moki sujud syukur, dimana tempatnya?". Eng ing eng, gue mikir lamaaaaaaaa banget, akhirnya gue bilang "di masjid". Pikir gue, dimana2 masjid itu jauh lebih baik dan bersih dibanding lapangan upacara. Seiring tumbuh kembangnya waktu dan informasi, gue pun tersadar kalo sujud syukur itu dimana saja boleh kecuali di wc. Catet yah. Huft.

Semalam gue sempat tanya2 si Isna tentang Hizb dan buku2nya lumayan bikin gue penasaran. Entahlah tapi gue merasa udah pengen mencari tau banyak tentang buku2 apa yang dikaji oleh Hizbut Tahrir. Ketidaktahuan ini menggiring gue untuk banyak2 nonton tipi (lho?). Program paporit gue adalah khazanah trans7 misalnya itu mah kalo pagi. Trus sekarang2 ini lagi marak2nya berita dari Gaza ya jelaslah gue suka pantengin. Setidaknya sudah ada perkembangan meskipun masih tetep nonton superman is return di KBS kalo sore. Nah, sekarang gue gak bego2 amat. 

Kemarin sore gue sempet cerita2 di kantor bareng kak Lis, Fahrul dan Ipek biasalah kalo bukan tentang hasil pemilu presiden kemarin pasti tentang kasus negara2 konflik seperti di Gaza, Plaestina. Sambil contreng2 slip dan nunggu ba'da Ashar percakapan berikut ini pun terekam di kepala gue.

Fahrul : Ada itu batu ndak sampe di tanah di sana itu kak
Kak Lis : *manggut2*
Ipek : *nyimak*
Gue : *masih anteng*
Kak Lis : Kenapakah itu Israel dik, ndak adanya itu hatinya
Gue : Iyek, kek itu kak yang bapaknya itu anak2 seumuran Nadive ditangkap gara2 dituduh mencuri air
Kak Lis : Iyoh kasian
Fahrul : Itu kak Israel turunannya ji nabi Ibrahim sama nabi Musa
Kak Lis : Siapakah itu nabi Musa?

*Gubrak*

Aduh, uda deh kalo gini ceritanya.

***

Ok, lanjut.

Sejak dulu, gue paling gak bisa kalo dapur itu kotor. Apalagi kalo ada alat2 masak yang gak bersih. Hadeuh rasanya gimana gitu. Jadi sebisa mungkin gue menjadi orang yang super hygienist. Nyokap yang ngajarin gue. Jadi jangankan kotor, piring sama gelas kalo belon kering aja itu masih dianggap harus dibersihin ulang. Alhasil tiap kali mo pegang2 ke dapur kita harus cuci tangan dulu. 

Gue sama nyokap emang best couple. Asiknya kalo masaknya bareng nyokap makanan bakal jauh lebih enak. Paling gak enak itu kalo ada beberapa tangan yang mule ikut2an menjamah. Bagus kalo gak abis pegang kompor trus ikut nyetak kue, hadeuh asli gak banget itu. Kalo uda kek gini sih biasanya gue langsung tinggal. 

Idealnya kalo bikin kue lebaran itu, adalah nyusun formasi 4-3-2-1. Empat orang yang bersih2 rumah, tiga orang bersiin taman depan belakang, 2 orang nyetak kue dan satu orang memanggang kue sambil berdo'a. Tapi sodara2ku yang budiman ternyata formasi itu sesulit gue belajar bahasa korea. 

Jadi tadi pagi sampe siang gue cuman berdua bareng nyokap bikin kue. Nyokap nyetak, gue nyetak sambil manggang kue di oven dengan mulut sesekali nganga dekat kompor. Loyan pertama sukses. Kerjaan gue berlanjut, ambil adonan yang telah dicampur sama terigu oleh nyokap trus diratain pake gelas, nyetak lagi abis itu ngasih toping kenari di atasnya lalu masukin dalam oven. Ambil adonan-ratain-nyetak-kasih kenari-masukin ke oven. Begitu seterusnya. Sampe tiba ke loyan berikutnya, ketika nyokap ngingetin gue "ya, bau mi itu kuenu. angka'mi". Pas gue angkat loyannya keluar dari oven, hasilnya pun nyaris semuanya gosong. 

Oh Tuhaaaaan...

Semuanya mule membaik pas si Asni ke rumah minta SK-nya. Sekalian deh bisa bantuin kita bikin kue, gue sama nyokap nyetak kue dan si Asni memanggang kuenya di oven. Huft. Hasilnya sesuai harapan. Gak ada lagi yang gosong. Meskipun begitu satu yang gue notice pas bikin kue bareng si Asni adalah dia orangnya pelupa. Kadang abis pegang kompor, eh kuenya dijamah lagi. Abis pegang lante, eh kuenya dijamah lagi. Oh tidak. Gue hampir bilang ke Asni "sudahmi Asni, saya pi bikin pulang mako dulu". Gue cuman pengen dia tau kalo KOTOR ITU JOROK KOMANDAAAAAN.

Kejadian hari ini berlanjut pas gue menemukan kembali pasangan sumpit gue yang kayu warna coklat itu. Ternyata gue naronya di lemari. Huehehe. Amnesia deh gue. Awalnya gue ngirain kalo tuh sumpit uda dipatah2in lagi sama om Ridu gara2 dikira tusuk bakso. Ternyata. Hueh. 

Sebelum masuk waktu Ashar, gue tiba2 kek punya 2 keperibadian. 

Acik Baek : Udah mo azan lagi, siap2 yuk !
Acik Jahat : Cik, lo kan baru nemu tuh sumpit lo dan bukannya dari kemaren lo bilang kalo tuh sumpit kepanjangan, gimana kalo lo potong aja
Acik Baek : Gak usah. Toh kalo lo pengen yang pendek kan tinggal nyari di Informa cek list lo bisa lengkap kan tuh kalo nyari disana
Acik Jahat : Uda deh, gak ada waktu juga kan. Embat aje gak papa keles
Acik Baek : Jangan cik, jangan
Acik Jahat : Sekarang ambil tuh cutter di lemari bokap lo trus potong sumpitnya
Acik Baek : Plis, don't do it Cik
Acik Jahat : Cik, mana yang lo pilih gue yang ngasih lo solusi ato dia yang bisanya cuma larang2 lo

Acik jahat pun menang. Gue mule ngasih tanda spidol pada sumpitnya sebagai batas pemotongan. Gue ke ruang belajar bokap dan ngambil tuh cutter merah dengan perasaan menggebu-gebu. Potong sumpit pake cutter ternyata susah ye. Berhubung gue orangnya malas nunggu, gue akhirnya ke plan B. Ambil parang. Gue pun ke taman belakang dekat kolam ikan. Sumpit pertama sukses terpotong sesuai niat awal. Beralih ke sumpit kedua, sumpit yang belon gue cutter sebelumnya. Tiba2, parangnya pun bertindak lebih brutal dari gue. 

Pukulan pertama, sumpitnya keras sulit ditaklukkan. Pukulan kedua, sumpitnya semakin kesini semakin pendek. Pukulan ketiga, sumpitnya retak. Oh tidak. Pukulan keempat dan kelima sumpitnya sukses terpotong. Pas gue liat... SUMPITNYA UDA SETINGGI PINSIL ALISNYA SI PITEK DI KANTOR. OH TIDAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAKKKKK. 

Kedua sumpit itu pun sukses gue buang ke tempat sampah. Terakhir, jempol tangan kiri gue kegores lagi sama cutter. Usaha yang bagus.

*histeris*

No comments:

Post a Comment