Sunday, July 20, 2014

Menjadi Adik Siaga

Hai urban people (ketularan sama chef Yuda) kabare gimana? damang? Hehehe
Nah, dua hari yang lalu kakak ipar gue (kak Zul) udah tiba di rumah. Perjalanan yang cukup jauh karena dari Kalimantan. Sampe di rumah sekitar pukul 02.30-an lah waktu itu. Waktu itu tepat pas orang2 di rumah teutama nyokap dan kakak gue (Asma) lagi heboh2nya nyium bau2 hangus. Awalnya nyokap cuma bilang "sapami itu masak gula merah?". Waktu itu gue masih anteng, karena biasanya nyokap kalo tidur emang suka ngigo. Gue tiba2 kaget pas denger kakak gue bilang "IH OM, HANGUSKI NASI TA?". Gue yang masih ngantuk parah tiba2 langsung sit up. Gue yang masih berlumuran iler langsung ke arah dapur dan liat apa yang terjadi disana. Perlahan gue buka penutup pancinya dan hasilnya sodara2ku sekalian, NASINYA OM RIDU EMANG UDA GOSONG DAN ITU SATU PANCI. Sekali lagi, SATU PANCI !!! Can you imagine that?

Pas kakak ipar gue masuk dalam rumah, dia cuma bilang "sampe di pagar baunya, kubilang apa ini bau2 hangus?". Mhuehehe. Untunglah om Ridu belon membakar seisi rumah. Huft.

Lanjut, kakak ipar gue pun bawaannya banyak banget waktu itu mule dari kue coklat, dodol yang diduga keras dibeli di airport sampe rambutan sedos besar. Huwaaa, mata gue berbinar. Kue dan makanan ada dimana2, Insting manusia kelaperan pun muncul. Perlu jadi catetan kalo ole2 untuk mendapatkan kue yang namanya "sikaporo' " itu cukuplah sulit, yang manakah itu? itu loh makanan yang enak itu, makanan yang bikin gue dan si Pitek kesemsem abis itu. Makanan yang bikin gue diam2 suka. Makanan yang kadang suka gue lamunin. Hmmm... sesuai fitrahnya sikaporo' itu lebih enak kalo dimakannya pas lagi dingin apalagi kalo tuh makanan dibeliin sama nyokap seperti Selasa kemarin. Makasih mom :) Kalo bokap biasanya sih bilang "enak, besok lagi nah !". Gue sama bokap emang sebelas duabelas. Beda tipislah. Heheh.

Lanjut yah, jadi ceritanya gue cukup seneng karena sekarang ada kakak ipar gue yang bisa jagain kakak gue sebagaimana mestinya. Kalo kaga, yah kejadiannya bisa kek beberapa bulan yang lalu. 

Dua bulan lalu misalnya kejadian nyata ini jatuh tepat pada tgl 12 Mei 2014. Waktu itu menjadi hari2 dimana kakak gue masih menikmati masa2nya menjadi calon ibu. Iyep kakak gue lagi hamil, itu pun gue tau awal2 bulan Mei. It means kalo di itung2, berarti sekarang kakak gue uda masuk bulan ketiga. Huwaaa. Oke, di awal2 kehamilannya itu bertepatan juga dengan dia yang juga kena varicela. Paniklah dianya. Bokap pusing, nyokap pusing, gue ikut2an pusing adek2 gue anteng serasa dunia milik mereka. 

Karena nyokap gak bisa antarin kakak gue periksa, nyokap pun mendelegasikan tugas itu ke gue. Pesan nyokap yang gue masih inget kala itu adalah "KASI TAUKI NAK, TUKANG BENTORNU BILANG KALO KASI JALAN BENTOR PELAN2 KARENA ORANG HAMIL INI". Pesan itu pun masuk ke dalam telinga dan meresap ke relung jiwa terdalam. Jadilah waktu berangkat dari rumah sampe tiba di apotek Faris Farma tepatnya di Villa Surya Mas (tempat prakteknya dr. Farida Ilyas) gue menjalankan perintah nyokap dengan sangat baik.

Asma : Pelan2ko nah !
Deng Bentor : Iyek
Gue : Cariko jalan yang bagus, jangko lewat jalan yang banyak lubangnya

Awalnya bentornya melaju pelan2. Seperti yang gue ketahui kalo jalanan di daerah2 Toddopuli cukup parah banyak lubang dan kadang macetnya ampun2an. Harapan kadang tak sesuai dengan kenyataan yang ada. Beberapa menit kemudian bentornya melaju cukup kencang. Gue tiba2 refleks.

WOIIIII PELAN-PELANKOOO !!!

Setelah itu si deng bentor kembali menjalankan bentornya secara perlahan2 tapi pasti. Perjalanan pun dilalui dengan khusyuk. Beberapa menit kemudian, si deng bentor mule lagi. Gue pun refleks ketika bentor itu melewati jalanan yang agak2 mengkhawatirkan dan melaju dengan kencang.

AWAS !!! ADA LOBANG DISITUUU 

Gue sempet heran itu deng bentornya bolot ato apa yah. Gue cuma bisa sesekali megang tuh pegangan di bentor biar kakak gue gak terguncang itupun gue lakuin buat nyokap, kakak gue dan calon ponakan gue. Sampe akhirnya kita sampe di tempat prakteknya dr. Farida Ilyas. Baru deh gue bisa bernafas lega.

Satu hal yang mungkin bisa jadi pesan idup kalo ke tempat praktek seorang dokter adalah jangan pernah bertanya "kita pasien yang keberapa?" karena gak semua yang ngantri di tempat praktek itu pasien. Catet yah. 

Setelah kakak gue diperiksa kita pun keluar dari tempat praktek dan mendapati kenyataan kalo deng bentornya gak ada. Mungkin aja dia tiba2 ilang. Setelah nunggu di tempat ronda sekitaran 5-7 menitan baru deh si deng bentornya yang kira2 masih seumur anak smp itu datang. 

Mungkin waktu itu, dia kabur entah ke negara antah berantah yang mana sampe kita nunggunya kelamaan di tempat ronda. Perjalanan pun lanjut keliling Hertasning ke apotek Kimia Farma tempat prakteknya drg.Syeni untuk beli hipafix. Gak lama abis itu kita balik pulang ke rumah setelah mengitari Toddopuli-Bau Mangga-Hertasning-Pengayoman. 

Di perjalanan pulang kata2 inilah yang selalu gue ulang2 sampe mulut gue ileran "PELAN2KOOO" (masih anteng), "AWAS !!!" (mule panik), "ARGHHH, ADA LOBANG HATI2KO" (panik), "AWAS ADA POLISI TIDUR !" (panik sekali) puncaknya pas bilang "WOI KUBILANG PELAN2KO NU DENGARJI KAH?" (sabar gue ilang). Cuma sampe di Kanfer kita mutusin turun dan jalan kaki sampe rumah sebelum tuh deng bentornya membuang kita ke dalam got dekat rumah.

Punya tukang bentor bolot itu gak ada asiknya sama sekali.

***
Kejadian berikutnya pas antar kakak gue kontrol kehamilan sebulan yang lalu di dr. Dewi (abdesir) tepatnya tgl 17 Juni. Well, bentor kali ini adalah bentor yang lebih profesional walopun dulu pernah gue tumpangi bareng guru sekolahnya nyokap ke dinas. Dia cukup ngerti kalo uda dikasih tau. Jadilah bentornya kek lagi jogging aja gitu loh. Hueh.

Setelah nunggu lamaaaaaaaa banget, akhirnya kakak gue diperiksa. Pasien yang datang rata2 bumil sih. Terakhir kakak gue cuma bilang "deh tawwa keknya cuma saya ji yang tidak diantar sama suamiku". Gubrak. Setelah ngantri cukup lama dan sempet mengendalikan remote tv seenak jidat, kita pun pulang. Sebelum pulang, gue minta dibeliin susu ultra dan yep gue dibeliin susu ultra coklat harga Rp 3rb. Jadi bentar2 gue cukup jadi adik siaga untuk mendapatkan susu ultra. Huehuehue.

Satu hal yang pasti kemarin kita buka puasa bersama di sekolah, bareng2 sama nyokap, kak Asma, kak Zul juga si Isna. Kali pertama bokap gak ikut karena nungguin siswa bimbingan matematikanya di rumah. Perjalanannya pun kita nikmati menggunakan kendaraan sejuta ummat yang sempet menggemparkan dunia perkuliahan di uit jeng jeng jeng "pete-pete". Sempat juga sih pas nyuci piring bareng Asni dan Isna, kakak gue datang dan bilang "ada tadi suara gelas pecah, tapi ndak ditauki dimana pecah". Haduh, denger headset mendingan kalo gini ceritanya.

Eniwei, mule tadi pagi gue bareng nyokap bikin kue lebaran loh dan baru bisa selesai pas ba'da Ashar. Hasilnya lumayan, bikin pinggang encok. For all, good job guys. We did it well. Makasih Asni uda ikut bantuin manggang kuenya di oven. Sekarang gue baru saja abis makan nasi, setelah tadi buka puasanya cuma pake aer putih dan susu kopiko botolan (yang kemarin dibagiin sama spg di pertamina Pettarani waktu lagi di jalan menuju sekolah) plus 1 biji kue coklat kenari. Nampaknya gue mag. Kambuhnya ampe kelewat2 gini. 

No comments:

Post a Comment